Bahan Alami untuk Mengatasi Ruam Popok Bayi

Loading...

Bagi para orang tua, terutama bagi ibu yang memiliki buah hati, pasti sangat khawatir jika si kecil lebih rewel dari biasanya. Jika sudah begini mungkin Anda harus melihat keadaan tubuh bayi. Mungkin saja bayi mengalami perut kembung sehingga membuat tubuhnya tidak nyaman. Bisa juga karena gejala fisik lainnya. Namun, ada satu hal yang pasti dan sering membuat bayi jadi lebih sering menangis yaitu ruam popok.

Bahan Alami untuk Mengatasi Ruam Popok Bayi

Ruam popok bisa dikatakan dengan peradangan merah yang menyerang kulit bayi yang sering tertutup oleh popok. Biasanya, gejala ini terjadi pada bagian bokong karena disebabkan oleh reaksi kulit bayi yang masih sensitif terhadap kotoran dan urine. Kebanyakan bayi yang memakai popok pasti pernah mengalami ruam popok. Anda juga tidak perlu khawatir karena ruam ini biasanya tidak berbahaya. Walaupun demikian, ruam popok bisa mengganggu kenyamanan sehingga bayi lebih cenderung rewel.

Untuk menghindari masalah ruam popok, sebaiknya Anda sering-sering mengganti popok bayi tersebut supaya kulitnya tetap steril. Namun, jika bayi Anda sudah terlanjur mengalami ruam popok, mungkin Anda dapat mengobatinya secara tradisional.(Baca juga: Penyebab & Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi)

Berikut ini bahan-bahan alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi:

1. Shea Butter
Di dalam shea butter terdapat kandungan anti jamur dan anti inflamasi sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ruam popok. Selain itu, shea butter juga mengandung lemak nabati yang bisa meningkatkan peredaran darah dan menghilangkan ruam kemerahan dengan cepat.

Untuk menggunakannya, Anda cukup membersihkan bagian bokong bayi dengan air hangat. Setelah kering, usapkan shea butter secukupnya ke area yang mengalami ruam popok.

2. Minyak Kelapa
Karena yang alami pasti lebih baik dan aman, maka Anda tidak salah untuk memakai minyak kelapa sebagai obat ruam popok. Sifat anti jamur dan anti mikroba yang sangat tinggi di dalam minyak kelapa terbukti aman bagi kulit bayi. Wangi penenang dari bahan ini juga efektif membuat bayi jadi nyaman walau sedang memakai popok.

3. Oatmeal
Oatmeal adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi sehingga banyak orang mengonsumsinya untuk diet atau menjaga kesehatan jantung. Padahal kegunaan oatmeal lebih dari itu, contohnya sebagai obat alami untuk ruam popok pada bayi. Anda bisa menggunakan sebanyak 1 sendok makan ke air mandi si kecil. Mandikan bayi di dalam air campuran oatmeal supaya ruam bisa sembuh lebih cepat.

4. Petroleum Jelly
Bahan alami lainnya yang bisa digunakan adalah petroleum jelly. Setiap ingin mengganti popok bayi, oleskanlah bahan ini langsung ke area kulit si kecil. Petroleum jelly di percaya bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit contohnya ruam popok, radang kemerahan, atau bekas gigitan serangga.

5. Plantain Oil
Plantain oil atau minyak pisang terbukti efektif untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Minyak ini dapat Anda andalkan untuk menenangkan dan mengurangi peradangan. Langsung saja, daun pisang Anda hancurkan lalu akan keluar minyaknya. Tempelkan ke bokong bayi yang terkena ruam popok.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 7 =

%d bloggers like this: