Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Loading...

Seolah menjadi kebiasaan, para orang tua yang mempunyai bayi yang baru lahir pasti menjemur si kecil di bawah sinar matahari pagi. Selama beberapa waktu, bayi newborn memang harus dijemur di bawah sinar matahari. Namun kegiatan menjemur bayi tersebut tidak boleh dilakukan sembarangan, salah satunya adalah menjemur bayi setiap hari di rentang waktu 7 pagi hingga 9 pagi, yang mana sinar matahari belum terlalu menyengat.

Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Banyak yang percaya bahwa sinar matahari akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Bayi yang baru lahir seringkali mempunyai kadar bilirubin yang tinggi di dalam darahnya. Karena itulah, fungsi hati pada tubuh si kecil belum sempurna. Hal tersebut sangat beresiko untuk membuat bayi mengidap penyakit kuning. Maka dari itu, setiap orang tua di anjurkan untuk menjemur anak-anaknya di bawah 6 bulanan di pagi hari, sebab sinar matahari dapat membantu menurunkan kadar bilirubin tersebut.

Sinar matahari pagi bukan hanya bagus untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk bayi dan anak-anak. Kegiatan tersebut juga termasuk dalam upaya menjaga kesehatan kulit bayi kesayangan Anda.

Berikut ini beberapa manfaat menjemur bayi dipagi hari yang dapat dirasakan efeknya secara nyata, diantaranya:

1. Menghindari kasus bayi kuning
Bayi baru lahir dapat beresiko mengalami penyakit kuning sebab kadar bilirubin dalam darahnya begitu tinggi. kadar ini mulai naik pada hari ke-3 hingga hari ke-5, lalu turun kembali sampai bayi berusia 7 hingga 10 hari. Manfaat sinar matahari pagi mampu memecah bilirubin dalam darah agar kadarnya menurun dan kembali normal.

2. Menghangatkan tubuh bayi
Menjemur bayi di sinar matahari pagi pastinya akan menghangatkan tubuh bayi, apalagi bayi Anda memiliki resiko alergi. Berkat sinar matahari inilah yang akan membantu bayi untuk menghilangkan lendir yang masih tertinggal dalam saluran pernapasannya.

3. Memperkuat tulang bayi
Kandungan vitamin D dalam sinar matahari pagi sangat berperan untuk membantu kalsium mudah terserap dalam darah sehingga dapat menyatu dengan tulang untuk memperkuat tulang. Jika Anda rajin menjemur bayi, maka pertumbuhan tulang bayi pun dapat lebih kuat dan tubuhnya jadi lebih sehat.

4. Menghindari bayi stres
Apa bayi bisa stres? Meski kedengarannya mustahil, namun nyatanya bayi bisa saja mengalami stress pasca persalinan. Tandanya yaitu ia akan menangis terus-menerus padahal tidak ada gejala penyakit yang tampak. Dengan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi, bayi Anda dapat lebih tenang karena hormon endorphin terlepas dari tubuhnya.

5. Baik untuk kulit bayi yang sensitif
Mungkin inilah manfaat utama dari menjemur bayi dipagi hari. Ketika bayi dijemur, kulitnya akan membentuk vitamin D secara tak langsung. Kemudian. Terbentuk hormon serotonin yang mampu mengatur suasana hatinya. Selain itu, sinar hangat matahari pagi mampu melancarkan sirkulasi darah, mengatasi masalah kulit, dan mencegah depresi pada bayi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =

%d bloggers like this: