Penyebab Bayi Tidak Menangis Saat Lahir

Loading...

Kehamilan merupakan suatu anugerah terbesar bagi seorang wanita. Mengandung anak hasil buah cinta bersama pasangan menjadi hal yang paling dinantikan oleh kaum hawa. Segala perlengkapan pun dipersiapkan untuk menyambut bayi ke dunia. Ketika tanda-tanda ibu hamil akan segera melahirkan pun menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi keluarga besar.Penyebab Bayi Tidak Menangis Saat Lahir

Saat bayi baru lahir, hal pertama yang paling ditunggu-tunggu adalah tangisannya. Tangisan bayi menjadi reaksi awal sekaligus penanda bahwa paru-paru bayi mulai berfungsi. Bukan hanya itu, tangisan bayi baru lahir juga menjadi reaksi akibat perubahan kondisi yang dulunya saat bayi berada di dalam rahim, ia mendapat oksigen dari ibunya melalui plasenta yang terhubung dengan tali pusat.

Kenapa saat bayi dilahirkan harus menangis?
Ketika proses persalinan selesai, bayi merasakan udara luar yang sangat jauh berbeda dari keadaan rahim ibu. Udara dingin dan cahaya yang sebelumnya tak pernah bayi rasakan, juga setelah tali pusat terputus, maka mau tidak mau bayi harus mendapatkan oksigennya sendiri untuk bernapas.

Saat bayi lahir tidak menangis, menangisnya tidak kuat atau terlambat, hal ini berarti adanya gangguan pada paru-paru bayi yang tidak mampu berfungsi dengan baik. Hal ini turut mempengaruhi organ vital lainnya seperti jantung, otak, ginjal, pembuluh darah, dan organ lainnya.

Bisa dikatakan, tangisan pertama bayi merupakan suatu keharusan dan wajib, dan apabila hal itu tak terjadi, justru menjadi pertanda adanya kondisi gawat bayi. Oleh sebab itu, petugas kesehatan harus segera mengambil tindakan cepat untuk mengatasi keadaan tersebut.

Penyebab Bayi Tidak Menangis setelah Dilahirkan
Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bayi baru lahir tidak menangis adalah:

1. Sebelum Persalinan
Kondisi ibu sebelum melahirkan bisa menjadi penyebab kenapa bayi tidak bisa bernafas sehingga tak menangis. Kondisi yang dimaksud diantaranya adalah:
· Ibu hamil menderita penyakit Diabetes Mellitus
· Ibu hamil mengalami anemia
· Preeklamsia
· Air ketuban bercampur mekoneum
· Air ketuban hijau kental
· Terjadi pendarahan sebelum melahirkan
· Ibu hamil memiliki panggul sempit

2. Saat Persalinan
Penyebab saat persalinan yang bisa membuat bayi tidak menangis yaitu persalinan bayi sungsang, jalan lahir yang terlalu sempit, atau persalinan yang membutuhkan waktu lama sehingga membuat bayi kesulitan bernafas dan tidak menangis saat dilahirkan. Kemudian, bisa pula karena penekanan tali pusar oleh bagian tubuh bayi, bayi kembar, dan tumor di dalam rahim yang dapat mengganggu pernafasan bayi.

3. Setelah Persalinan
Resiko bayi saat terlahir tidak bisa bernafas atau bisa disebut dengan asfiksia, ternyata tidak berakhir dengan sendirinya setelah bayi dilahirkan. Setelah persalinan usai, asfiksia kemungkinan terjadi jika bayi mempunyai tumor diparu-paru atau menderita penyakit paru-paru berat. Bisa jadi juga karena keracunan obat bius, anemia berat, cacat bawaan, dan masih banyak lagi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 3 =

%d bloggers like this: