Beberapa Mitos & Fakta Selama Kehamilan

Loading...

Mitos dan fakta seputar kehamilan memang selalu menjadi hal menarik yang patut diperbincangkan. Bahkan tak ayal, mitos-mitos tentang kehamilan pun banyak beredar dimasyarakat dan sering dipercaya sebagai sesuatu yang dapat dijadikan patokan di dalam rutinitas. Tak jarang, sebagian besar dari mitos tersebut bersifat turun-temurun dari nenek moyang sehingga banyak ibu hamil yang terlanjur menerapkannya.

Beberapa Mitos & Fakta Selama Kehamilan

Ketika saat hamil, Anda akan dihadapkan dengan berbagai informasi dari mulut ke mulut tentang mitos-mitos yang sudah lama tersebar di masyarakat. Supaya Anda tidak salah menerapkannya, alangkah baiknya Anda mencari terlebih dahulu apakah mitos yang berkembang itu benar adanya atau salah. Berikut ini beberapa mitos dan fakta selama kehamilan:

1. Mitos Wanita Hamil Dilarang Memelihara Kucing
Mitos ini bisa dikatakan salah. Wanita yang sedang hamil boleh-boleh saja memelihara kucing, asalkan saat ingin mengurus kotorannya, sebaiknya mintalah bantuan orang lain. Hal ini dimaksudkan supaya ibu hamil terhindar dari resiko toksoplasma, karena kotoran kucing mengandung virus yang bisa membahayakan janin.

2. Mitos Dilarang Naik Pesawat Terbang saat Hamil
Mitos ini bisa dikatakan salah dan benar. Ada kalanya maskapai penerbangan menerapkan aturan khusus mengenai kapankah wanita hamil boleh naik pesawat. Biasaya, waktu ibu hamil yang diperbolehkan oleh maskapai adalah lebih dari 28 minggu dan kurang dari 32 minggu.

3. Mitos Berhubungan Intim dapat Membahayakan Janin
Mitos ini bisa dibilang salah karena faktanya berhubungan intim dengan pasangan tak akan membahayakan bayi di dalam kandungan, sebab ia telah terlindungi oleh kantong ketuban, lapisan lendir tebal di mulut rahim, dan otot rahim yang kuat. Namun, jika Anda masih ragu sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Mitos Ibu hamil untuk Jauhi Handphone
Hal ini benar adanya karena wanita yang sedang mengandung lebih baik menghindari paparan radiasi handphone. Bahkan, beberapa penelitian telah mengumumkan bahwa radiasi ponsel bisa mempengaruhi perkembangan otak janin. Sebenarnya boleh-boleh saja kalau ibu hamil menggunakan ponsel tapi jangan terlalu berlebihan.

5. Mitos Bentuk Perut menunjukkan Jenis Kelamin Janin
Mitos satu ini jelas-jelas salah karena faktanya bentuk perut hamil bergantung pada bentuk tubuh alami wanita hamil itu sendiri. Apabila ia bertubuh mungil, maka bentuk perut cenderung berbeda dengan bentuk perut wanita yang berpostur tinggi besar.

6. Mitos Bayi Pertama lahir terlambat
Mitos ini sebenarnya adalah fakta karena sekitar 60% bayi pertama memang lahir setelah tanggal perkiraan dokter atau bidan, 35% lahir lebih cepat dan 5% -nya lahir tepat dengan perkiraan. Waktu kelahiran umumnya berkaitan dengan siklus menstruasi ibu hamil. Apabila siklus pendek, maka wanita hamil melahirkan lebih cepat dari perkiraan, dan sebaliknya pula.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − three =

%d bloggers like this: