Bahan Alami untuk Redakan Mimisan pada Anak

Loading...

Mimisan atau epistaksis dalam bahasa kedokterannya ialah kondisi dimana hidung mengalami pendarahan yang terjadi akibat lepasnya lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil. Lebih jelasnya, mimisan adalah pendarahan yang terjadi pada hidung yang ditandai keluarnya darah dari lubang hidung. Mimisan ini bisa terjadi pada satu lubang atau juga bisa dua lubang hidung sekaligus.

Bahan Alami untuk Redakan Mimisan pada Anak

Biasanya, mimisan bersifat menganggu, terutama pada anak kecil. Mengalirnya darah dari hidung mereka dapat mengejutkan orang tua. Anda pun akan panik kenapa anak kesayangan Anda tiba-tiba bisa mimisan padahal tubuhnya sehat-sehat saja. Memang banyak sekali penyebab mimisan pada anak, misalnya benturan keras pada hidung, mengorek hidung dalam-dalam, atau bahkan terlalu sering menangis.

Terlebih lagi, mimisan sering datang saat hawa atau cuaca dingin. Pendarahan juga dapat terlihat lebih parah dari yang sesungguhnya. Terlebih lagi, jika anak Anda mengalami riwayat alergi tertentu, contohnya anak sering bersih atau flu terlalu keras sehingga hidungnya bisa mengeluarkan darah secara spontan.

Apabila anak Anda tiba-tiba mimisan dan di rumah Anda kebetulan tidak ada obat-obatan yang bisa menyembuhkan mimisan tersebut, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk redakan mimisan pada anak seperti:

1. Daun Sirih
Obat mimisan alami yang paling ampuh dan terpercaya adalah daun sirih. Daun sirih memang sangat terkenal sebagai obat alami berbagai macam gangguan kesehatan, termasuk mimisan. Pendarahan di hidung bisa dihentikan dengan cara memasukan satu lembar daun sirih yang digulung-gulung. Lalu, diamkan sejenak daun sirih di dalam hidung yang mimisan, sampai darahnya benar-benar sudah berhenti.

2. Daun Pegagan
Obat mimisan alami ampuh lainya adalah daun pegagan. Tidak jauh berbeda dengan daun sirih, daun ini juga bisa meredakan mimisan pada anak. Apabila ingin menghentikan darahnya, Anda dapat membuat air rebusan dari daun pegagan tersebut atau bisa juga mengonsumsi kapsul daun pegagan.

3. Kangkung Segar
Apabila anak Anda sering mengalami mimisan pada keadaan tertentu atau bahka setiap hari, maka sebaiknya Anda membiasakan anak untuk mengonsumsi daun kangkung segar. Caranya ialah dengan memblender sayuran kangkung degan ditambahkan air lalu diminum agar mimisan pada anak tidak kambuh lagi.

4. Kacang Tanah
Selain bahan alami di atas, ada pula obat herbal lainnya untuk meredakan mimisan pada anak yaitu kacang tanah. Kacang tanah ini dapat digunakan untuk obat mimisan dengan cara mengonsumsi langsung setelah digerai atau digonseng. Biasakan anak makan secara perlahan-lahan sambil tegapkan badannya agar memberikan tekanan untuk menghilangkan mimisan.

5. Akar Alang-Alang
Ternyata, akar alang-alang juga dapat digunakan sebagai bahan alami mengatasi mimisan pada anak. Anda cukup mengambilnya dari tempat yang ditumbuhi alang-alang, ambil akarnya, kemudian rebus akar tersebut dengan air hingga airnya menyusut. Minumkan pada anak selagi hangat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 13 =

%d bloggers like this: