Makanan & Minuman Penyebab Amandel pada Anak

Loading...

Amandel adalah salah satu bagian tubuh manusia yang terletak dekat dengan tenggorokan. Selama amandel ini tidak membengkak atau membesar, maka amandel tidak akan mempengaruhi kualitas ataupun kesehatan hidup manusia. Namun yang sering menjadi masalah ialah saat amandel membesar, lalu membengkak sehingga penderitanya pun merasa kesakitan saat menelan makanan.

Makanan & Minuman Penyebab Amandel pada Anak

Bukan hanya menyerang orang dewasa, amandel juga dapat menyerang anak-anak. Dokter spesialis anak juga mengatakan bahwa amandel menjadi organ yang berisi sistem imun, sehingga apabila di operasi, maka anak-anak akan kehilangan sistem imum alaminya. Maka dari itu, tugas kita sebagai orang tua ialah menjaga amandel pada anak tetap berukruan kecil dan tak membengkak.

Apabila amandel sudah membengkak, maka akan menjadi radang amandel. Bila sudah mengalami radang, maka anak akan kesulitan untuk menelan, terasa sakit saat menelan makanan, perih dibagian tenggorokan dan sebagainya. Pencegahan amandel membengkak ini bisa di awali dengan memperhatian makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh si kecil.

Berikut ini daftar makanan penyebab amandel bengkak:

1. Makanan Kaleng
Tak dipungkiri, tubuh manusia yang mengonsumsi makanan kaleng tidak bagus untuk kesehatan. Alasannya ialah makanan yang diawetkan dalam kaleng termasuk dalam makanan cepat saji dan instan. Makanan ini sangat tidak bagus untuk kesehatan. Kandungan kimia di dalam makanan pengawet tersebut dapat menyebabkan amandel kembali meradang.

2. Makanan Pedas
Tak dipungkiri, masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan pedas. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Hanya segelitir anak saja yang menggemari makanan pedas tersebut. Sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan secara seksama karena makanan pedas dapat menyebabkan maag, usus buntu dan asam lambung.

Makanan pedas juga dipercaya sebagai penyebab timbulnya amandel bengkak. Orang yang mengalami refluks asam akan rentan untuk terkena penyakit radang amandel. Jika sudah peradangan, maka amandel dapat membengkak, dan juga sakit.

3. Makanan Panas
Makanan panas memag sangat digemari oleh anak-anak maupun dewasa. Makanan yang masih panas atau hangat begitu nikmat di santap. Namun tahukah Anda apabila anak-anak sering mengonsumsi makanan atau minuman panas dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan itu salah satunya adalah tenggorokan akan meradang dan amandel akan membengkak.

4. Makanan Berminyak
Sudah pasti makanan berminyak dapat menyebabkan amandel membengkak dan membesar. Apalagi makanan tersebut dimakan saat masih dalam keadaan hangat mengepul. Salah satu makanan berminyak yang sering dikonsumsi oleh anak-anak adalah gorengan. Alangkah baiknya kandungan pada olahan makanan yang digoreng lebih dikurangi lagi untuk dikonsumsi oleh anak Anda.

5. Kekurangan Vitamin C
Amandel pada anak dapat membengkak dan membesar jika si kecil kurang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Fungsi dari vitamin C sendiri digunakan untuk mendukung sistem imun. Beberapa makanan vitamin C banyak dijumpai pada buah-buahan seperti jeruk ataupun tomat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =

%d bloggers like this: