Hal yang Menyebabkan Pecah Ketuban Sebelum Waktunya

Loading...

Selama masa kehamilan, Anda memang sangat dianjurkan oleh dokter untuk selalu menjaga kesehatan supaya janin di dalam perut dapat tumbuh dan berkembang dengan seharusnya. Namun, ada saja gangguan yang dapat membuat seorang ibu hamil merasa stres akut, salah satunya adalah ketuban pecah dini.

Hal yang Menyebabkan Pecah Ketuban Sebelum Waktunya

Ketuban pecah dini atau sering disebut dengan PROM dalam dunia medis adalah kondisi dimana membran kantung ketuban pecah sebelum waktu proses melahirkan. Kondisi ini membuat ketuban terbuka sehingga menyebabkan cairan ketuban dapat menyumbar keluar atau bocor secara perlahan. Bisa dikatakan, kondisi tersebut cukup berbahaya karena jika dilihat dari akibat pecah ketuban dini bagi ibu dan janin sangat berbahaya.

Untuk menghindari pecahnya ketuban sebelum waktunya, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal yang menyebabkan pecahnya ketuban tersebut sehingga dapat dihindari sebisa mungkin. Berikut ini beberapa penyebab ketuban pecah dini:

1. Infeksi
Secara medis, memang penyebab terjadinya ketuban pecah dini masih belum diketahui secara pasti. Namun sebagian besar, sekitar 65% ibu hamil mengalami kondisi tersebut karena terkena infeksi. Infeksi inilah yang menyebabkan selaput atau membran ketuban menjadi tipis dan mudah pecah.

2. Anak Kembar
Penyebab lainnya yaitu kemungkinan janin yang dikandung adalah anak kembar, baik kembar fraternal atau biasa. Terjadinya hamil kembar ini dapat memicu resiko air ketuban pecah pada waktunya, karena membran akan selalu terdorong oleh pergerakan dua janin yang sudah besar. Inilah kenapa hamil kembar mempunyai resiko dua kali lipat lebih besar dari hamil biasa.

3. Terkena Bakteri
Ketuban pecah dini juga dapat disebabkan oleh terjangkitnya bakteri pada ibu hamil. Banyak sekali alasan dan cara bakteri jahat itu untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Contohnya, melalui perantara kulit dan pori-pori manusia. Kemudian, bisa pula lewat makanan yang dikonsumsi. Dengan masuknya bakteri ke dalam tubuh ibu hamil, maka akan membuat membran ketuban menjadi lemah.

4. Ada Riwayat Ketuban Pecah Dini
Seringkali, pecah ketuban sebelum waktunya bisa jadi karena faktor keturunan. Maka, sebelum Anda mengalami berbagai resiko, alangkah baiknya ditelusuri dulu riwayat keluarga Anda, sebab gen dari ibu yang mengalami KPD akan menurun juga pada anaknya.

5. Pendarahan Hebat
Masalah lain yang dapat menyebabkan ketuban pecah dini ialah ibu hamil mengalami pendarahan hebat. Kejadian ini akan mengeluarkan sebagian cairan di dalam tubuh sehingga dapat memicu pecahnya ketuban di dalam perut.

6. Kebersihan Tidak Dijaga
Selain penyebab di atas, faktor kebersihan juga menjadi problem utama dalam terjadinya ketuban pecah dini. Maka dari itu, sebagai wanita, alangkah baiknya untuk selalu menjaga kebersihan miss v Anda supaya selalu terjaga dengan bersih sehingga bakteri atau virus pun tak mudah masuk.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 13 =

%d bloggers like this: