Pentingnya Peran Suami saat istri Melahirkan

Loading...

Persalinan merupakan momen terindah sekaligus momen terberat yang pernah dialami seorang wanita. Berbagai masalah yang sering dihadapi menjelang persalinan pun sering menimpa ibu hamil sehingga ia membutuhkan sosok yang menemaninya disaat-saat terpenting tersebut. Masalah dan rasa sakit pun bisa berkurang jika ada suami yang berada di samping sang istri yang sedang melahirkan.

Pentingnya Peran Suami saat istri Melahirkan

Berbeda dengan masa lalu yang tidak mengizinkan suami masuk ke dalam ruang bersalin, saat ini pihak rumah sakit ataupun bidan kandungan sudah memperbolehkan pasangan wanita untuk menemaninya ketika melahirkan. Hal ini telah disadari bahwa dengan adanya suami di samping sang istri, maka akan sangat terbantu sebab suami dapat memberikan dukungan berlebih dibandingkan orang lain. Ikatan hubungan antara orang tua dan anak pun akan terasa lebih kental lagi jika ayahnya melihat buah hati saat pertama kali.

Peran suami sangat diperlukan dalam proses persalinan istrinya, mulai dari persiapan hingga setelah melahirkan. Kehadiran suami di samping orang yang dicintainya ini dapat membawa energi positif supaya proses bersalin pun dapat menjadi lebih lancar. Meskipun tugas suami tidak seberat tugas istrinya saat melahirkan, namun tugas suami untuk membantu istri secara mental juga tak kalah pentingnya.

Hal ini dapat dimulai pada minggu-minggu mendekati persalinan. Jadi, kebanyakan orang yang mengatakan bahwa suami harus siap-antar-jaga apabila sudah mendekati hari-hari kelahiran. Ya, ini memang menjadi kata-kata yang sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana sang suami dapat membantu istrinya ketika melahirkan. Lantas bagaimana dan apa saja peranan yang dapat dilakukan suami di masa persalinan? Yang harus dilakukan ketika suami menemani istri menjelang persalinan yakni:

1. Perhatikan Apa yang Istri Inginkan
Bicaralah dengan istri Anda tentang apa yang ia inginkan selama proses melahirkan. Suami merupakan orang yang sangat dibutuhkan untuk membantu istri ketika menjelang persalinan, mulai dari menyiapkan tas untuk dibawa ke rumah sakit, merencanakan proses melahirkan dan sesudah anak lahir.

2. Cari Tahu Apa yang Terjadi saat Melahirkan
Banyak pria yang terkejut ketika melihat istrinya melahirkan sehingga dirinya pun menjadi takut dan tak bisa menemani istrinya hingga proses persalinan selesai. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa yang nantinya terjadi saat melahirkan. Anda bisa membaca informasi melalui buku, internet dan sebagainya.

3. Beri Istri Dukungan Penuh
Saat istri melahirkan, inilah moment yang paling ditunggu-tunggu olehnya karena ia ingin merasakan dukungan dari suaminya sendiri. Semangat dan kasih sayang yang ditunjukkan suami saat mengusap punggung istrinya dipercaya dapat meringankan rasa sakit. Suami juga dapat mengajak istrinya terus bicara dan memberikan yel-yel semangat. Usaplah keningnya dengan tissue apabila istri mengeluarkan keringat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + nineteen =

%d bloggers like this: