Panduan Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Loading...

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh para orang tua adalah saat anak-anak yang menutup mulut dan menolak makan. Kondisi ini kerap membuat orang tua kebingungan. Jangan sampai anak kesayangan Anda mengalami gangguan pertumbuhan akibat tidak mau makan tersebut, sehingga sangat penting untuk mencari tahu panduan meningkatkan nafsu makan anak.

Panduan Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Memang, pola makan anak yang berlebihan itu tidaklah baik, namun jika anak tidak nafsu makan juga tidaklah bagus. Selera makan anak dapat berubah dari hari ke hari menurut tingkat jadwal, aktivitas, makanan yang dikonsumsi, dan bahkan cuaca. Anak yang memiliki fisik yang sehat pun tentu pernah mengalami saat-saat malas makan tersebut.

Nafus makan seseorang, baik itu anak-anak atau orang dewasa, dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Jika hormon ghrelin mampu meningkatkan nafsu makan, sementara hormon leptin berguna untuk menurunkan nafsu makan tersebut. Hormon ghrelin ini akan dilepaskan ke perut yang kemudian memberi sinyal lapar pada otak.

Sebagai orang tua, Anda bisa memperkirakan asupan kalori anak supaya tidak kurang dari kebutuhannya sehari-hari. Kebutuhan kalori anak per hari pun berbeda-beda sesuai usianya. Anak usia 2 hingga 3 tahun membutuhkan sekitar 1000 sampai 1400 kal per hari.

Ada beberapa penyebab anak kurang nafsu makan, contohnya anak merasa stres, tegang, efek samping obat, rasa makanan tidak berselera, atau tampilan makanan yang tak menarik. Apabila memang anak sedang mogok makan, beberapa hal berikut ini bisa Anda lakukan sebagai panduan meningkatkan nafsu makan anak, antara lain:

1. Hindari Tindakan Memaksa
Seringkali tindakan orang tua yang memaksa anaknya makan karena terlampau khawatir, justru bisa memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini bisa membuat anak kurang sensitif akan rasa laparnya di kemudian hari.

2. Goda dengan Aroma Makanan
Untuk menarik nafsu makan si kecil, Anda juga dapat memancingnya dengan aroma makanan yang lezat dan menggoda. Anda bisa menyajikan makanan kesukaannya yang baru dimasak ataupun menghangatkan makanan sebelum dihidangkan pada mereka, supaya hidungnya menghirup bau makanan tersebut.

3. Buat Tampilan Makanan Lebih Menarik
Sajian yang berbentuk lucu dan berwarna-warni, secara otomatis menarik mata si kecil. Terlebih lagi jika makanan tersebut disajikan dalam wadah yang unik, sudah pasti anak akan semangat memakan makanan tersebut. Cobalah mengombinasikan berbagai sayur dan lauk dengan warna berbeda saat disajikan bersama sumber karbohidrat lain. Hal ini akan mendukung variasi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Jangan Minum Sebelum Makan
Cara meningkatkan nafsu makan anak lainnya yaitu menghindari minum sebelum makan. Maka dari itu, sebelum si kecil makan, lebih baik Anda jangan memberikan minum seperti air putih, susu, sirup dan sebagainya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =

%d bloggers like this: