Beberapa Sakit Yang Muncul Setelah Melahirkan

Loading...

Kehamilan merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Sang Pencipta untuk semua wanita. Setiap kaum hawa pun pasti merasa bahagia saat mengetahui dirinya hamil dan sedang mengandung hasil cinta bersama pasangan. Namun, dibalik rasa haru dan bahagia tersebut, seringkali kehamilan memberikan perubahan besar bagi tubuh wanita. Salah satunya yang paling menonjol adalah perubahan tubuh menjelang melahirkan.

Beberapa Sakit Yang Muncul Setelah Melahirkan

Memang banyak sekali kondisi fisik dan mental yang dialami oleh para ibu hamil saat mengandung anaknya. Bukan hanya saat masa mengandung saja, tetapi pasca melahirkan pun masih saja mereka terserang oleh kondisi dimana membuat tubuhnya nyeri atau sakit.

Berikut ini beberapa sakit yang muncul setelah melahirkan yang menyerang wanita setelah kehamilan dan melahirkan:

1. Nyeri Perut
Pada masa kehamilan, perut ibu akan membesar sesuai dengan ukuran janin yang dikandungnya. Begitu bayi lahir, maka secara perlahan-lahan rahim akan menyusut kembali dan mengecil sampai sebesar buah pir kecil. Proses menyusut inilah yang memicu rasa seperti kram atau nyeri pada perut.

Dalam dunia medis, nyeri pasca melahirkan ini disebut dengan kontraksi rahim. Kontraksi rahim tersebut diperlukan supaya rahim dapat segera mengecil dan pembuluh darah yang terluka ketika lepasnya ari-ari dari dinding rahim bisa segera menutup kembali. Terkadang, sensasi nyeri ini semakin terasa saat ibu menyusui. Namun, Anda jangan cemas karena rangsangan hisapan bayi ini juga membantu untuk mengeluarkan hormon oksitosin supaya dapat membantu proses kontraksi.

2. Nyeri Dada
Pasca melahirkan setelah 2-3 hari, Anda akan merasakan dada mulai penuh karena terisi cairan ASI. Di sekitar daerah dada akan terasa nyeri dan membengkak. Pada kondisi inilah, dada mulai berfungsi untuk memproduksi air susu untuk bayi. Produksi ASI pun semakin hari akan semakin banyak. Oleh sebab itulah, dibutuhkan jadwal menyusui yang teratur agar nyeri dada pun sedikit berkurang.

3. Nyeri Perineum dan Bengkak pada Miss V
Saat latihan duduk dan berjalan pasca melahirkan, Anda mungkin akan merasakan keluhan sedikit nyeri pada area kewanitaan akibat bekas luka jahitan dan keluhan bengkak lainnya. Namun, Anda tak perlu cemas, keadaan ini akan semakin berkurang jika semakin aktif bergerak. Lain lagi dengan keadaan bengkak pada miss v, karena kondisi ini akan kembali seperti semula seiringnya proses penyembuhan tubuh secara otomatis.

4. Ambeien atau Wasir
Wasir atau ambeien disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang berada di sekitar anus. Ketika setelah melahirkan, sebagian wanita mengalami kondisi ini karena tekanan saat melahirkan bayi secara normal. Untuk mengurangi rasa tidak enak dan mempercepat penyembuhan ambeien dapat dengan cara mengompresnya dengan air hangat, tidur dengan posisi miring, teratur BAB, dan hindari duduk terlalu lama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =

%d bloggers like this: