Penyebab Posisi Bayi Sungsang dalam Kandungan

Loading...

Salah satu kondisi yang mengharuskan persalinan caesar terjadi adalah posisi bayi di dalam perut sungsang atau kaki berada di bawah. Bayi sungsang dapat terjadi pada ibu hamil dengan berbagai macam faktor. Namun sayangnya, akibat dari kondisi ini ialah mengharuskan sebagian ibu untuk melakukan operasi caesar.

Penyebab Posisi Bayi Sungsang dalam Kandungan

Hal itu dikarenakan bayi sungsang dengan kelahiran normal dapat beresiko mengalami kesulitan bernafas ketika lahir atau masuknya air ketuban ke bayi yang cenderung tinggi. Ada beberapa kemungkinan penyebab posisi bayi sungsang dalam kandungan seperti di bawah ini:

1. Bentuk Rahim yang Tidak Normal
Dengan bentuk rahim yang tidak normal, sehingga memungkinkan bayi akan mengalami posisi sungsang. Apalagi jika ibu hamil pernah mengalami cedera panggul, malnutrisi saat kecil, atau menggunakan pil KB pada masa remaja sebelum tulang tumbuh sempurna, maka hal ini dapat menambah resiko keabnormalan pinggang sehingga berakibat pada posisi sungsang bayi nantinya.

2. Usia Ibu Hamil
Semakin tua usia ibu ketika melahirkan, maka semakin beresiko juga proses persalinan yang akan terjadi. Kemungkinan untuk mengalami posisi bayi sungsang pun semakin besar seiring pertambahan usia.

3. Riwayat Kehamilan Bayi Sungsang Sebelumnya
Ibu hamil yang melahirkan bayi sungsang di kehamilan pertama, memiliki resiko bayi sungsang pada kehamilan berikutnya. Hal ini dapat terjadi karena bentuk fisik rahimnya dan bentuk badan yang kurang sesuai sehingga posisi dan berat bayi ada di dalam rahim. Kondisi ini paling sering dialami oleh wanita Asia.

4. Volume Air Ketuban
Air ketuban ternyata memiliki pengaruh cukup penting terhadap posisi bayi di dalam rahim. Saat air ketuban terlalu sedikit, maka bayi di dalam kandungan akan sulit untuk bergerak dan berputar. Sebaliknya, jika terlalu banyak makan bayi akan bergerak secara bebas dan aktif sehingga ketika ukuran tubuhnya sudah membesar, ia stuck di posisi terakhir tempat ia bergerak.

5. Ukuran Tali Pusar Pendek
Salah satu penyebab lainnya adalah ukuran tali pusar. Ukuran yang terlalu pendek akan membuat bayi terlalu sulit bergerak dan berputar, apalagi saat masuk ke masa persalinan. Bayi pun akan terikat dengan ukuran tali pusar ini sehingga saat seharusnya bayi bergerak menuju arah panggul, namun tidak bisa terjadi karena pendeknya tali.

6. Terlalu Banyak Duduk
Ternyata faktor sehari-hari pun dapat membuat terjadinya bayi sungsang. Jenis kursi dan bagaimana ibu hamil duduk akan berpengaruh terhadap kondisi bayi di dalam perut. Terlalu lama duduk di kursi keras tanpa sofa akan mendorong bayi untuk lahir sungsang. Namun sayangnya, ibu hamil masih banyak yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu, akan lebih baik selalu memakai alas duduk yang lembut dimanapun mereka duduk.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − nine =

%d bloggers like this: