Panduan Memilih Gendongan Bayi

Loading...

Ketika seorang wanita mempunyai momongan, pasti banyak sekali perlengkapan yang harus disiapkan untuk kebutuhan sang buah hati. Mulai dari menata kamar tidurnya, mempersiapkan pakaian dan sebagainya, hingga mainan atau aksesoris lucu untuk calon buah hati mereka. Selain itu, ada pula barang yang tak kalah penting untuk para ibu yang memiliki bayi atau anak-anak kecil dirumah yaitu gendongan.

Panduan Memilih Gendongan Bayi

Memang benar, banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan saat memakai gendongan bayi. Anda dapat menjalin hubungan yang semakin akrab bersama si kecil, membuat bayi merasa aman dan nyaman saat berada digendongan. Selain itu, dengan menggendong bayi, Anda dapat menenangkannya saat rewel tapi tidak membuat kedua tangan Anda pegal berkat bantuan gendongan tersebut.

Karena banyaknya, tipe dan jenis gendongan bayi yang beredar di pasaran sehingga mengharuskan Anda harus lebih cermat memilih jenis atau bentuk dari produk tersebut. Bukan hanya dilihat dari kualitasnya, Anda juga harus memperhatikan kegunaannya sehingga aman menggendong bayi sesuai dengan usianya.

Ada beragam merk dan tipe produk gendongan yang sering membuat para orang tuanya kebingungan. Pada bayi yang baru lahir, masih banyak digunakan gendongan bayi tradisional memakai kain dan dalam posisi melintang. Sementara itu, pada bayi yang lebih besar, gendongan bayi ala kangguru sering menjadi pilihan alternatif bagi orang tua. Tetapi tidak semua gendongan bayi ini bagus karena desain dan penggunaan yang tidak tepat akan membuat bayi dan orang tuanya tidak nyaman. Bahkan dapat meningkatkan resiko displasia panggul.

Lantas bagaimana caranya memilih gendongan bayi yang tepat? Berikut ini panduannya:
· Pilih gendongan bayi yang berkualitas baik, aman, dan telah teruji kekuatan bahannya.

· Nyaman untuk orang tua maupun bayi.

· Pilih gendongan bayi yang mampu menampung berat badan bayi secara merata supaya tak membuat bahu, leher, atau punggung Anda terasa nyeri.

· Sebaiknya gunakan gendongan yang mudah digunakan sehingga tidak perlu bantuan orang lain saat memakainya.

· Pastikan bahannya lembut, adem, dan tidak membuat bayi kepanasan.

· Nursing-friendly. Pilih gendongan yang bisa digunakan untuk menyusui.

· Selain harus memilih gendongan yang mudah digunakan, Anda juga patut melihat bahan kainnya apakah mudah dibersihkan atau tidak.

· Baca petunjuk pemakaian, patuhilah batasan usia dan berat maksimal bayi yang direkomendasikan oleh gendongan bayi tersebut.

· Jangan gunakan gendongan bayi yang terlalu longgar, karena beresiko menyebabkan bayi terjatuh.

· Jangan pula gunakan gendongan bayi yang terlalu ketat karena dapat menyebabkan si kecil sesak nafas atau gerah.

· Pilihlah gendongan yang sesuai dengan keperluan, contohnya gendongan yang hanya berguna untuk menyusui atau untuk berjalan-jalan keluar rumah.

· Dan terakhir, sesuaikan gendongan dengan usia bayi Anda. Jangan sampai memilih gendongan, apalagi untuk bayi yang baru lahir.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =

%d bloggers like this: