Mengapa Persalinan Normal Lebih Baik Daripada Caesar?

Loading...

Sebagian wanita akan merasa takut dan khawatir membayangkan bagaimana rasa sakitnya proses persalinan. Apalagi tidak sedikit yang berbicara bahwa melahirkan secara normal sangat menyakitkan sehingga sering membutuhkan jahitan untuk menutupi robeknya akibat mengeluarkan kepala bayi. Karena itu pula, para ibu hamil lebih memilih ‘cara’ instan untuk menghindari momen sakitnya persalinan dengan operasi caesar.

Mengapa Persalinan Normal Lebih Baik Daripada Caesar

Dengan alasan tidak sakit dan proses cepat, melahirkan secara caesar memang sedang trend saat ini. Bahkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menunjukkan terus meningkatnya angka kelahiran caesar di setiap tahunnya. Tercatat dari tahun ke tahun terdapat kenaikan hingga 25 hingga 30 persen dari lebih 700 ribu kelahiran.

Menurut Katherine Economu., MD., MPH, selaku dokter spesialis kandungan dari Harvard Medical School, metode persalinan normal atau operasi caesar sama-sama aman. Namun perlu diingat, jika dibandingkan sebenarnya persalinan normal lebih baik. Keduanya juga sama-sama memiliki resiko, tetapi bayi lahir secara normal selalu dianjurkan oleh dokter atau bidan kandungan.

Berikut ini alasan mengapa persalinan normal lebih baik daripada caesar:

1. Rahim Tidak Dilukai
Pada persalinan normal, tubuh wanita akan menyesuaikan secara alamiah organ reproduksi mengeluarkan bayi. Namun tidak jika operasi caesar. Proses ini, lapisan demi lapisan kulit perut Anda akan disayat untuk mengeluarkan bayi. Setelah bayi dikeluarkan, maka bagian yang dirobek tersebut akan dijahit kembali.

Begitu banyak lapisan yang telah dijahit, dari rahim, lapisan otot, hingga lapisan kulit paling luar sehingga proses penyembuhannya pun akan berlangsung lebih lama dibandingkan melahirkan normal. Bahkan nyeri akibat operasi caesar tersebut masih terasa hingga bertahun-tahun lamanya.

2. Proses Persalinan Lebih Cepat
Logikanya, saat operasi caesar, Anda akan dibius sehingga ada bagian tubuh mati rasa karena diberi anestesi. Hal ini membuat lebih sulit menggunakan bagian tubuh lainnya yang masih berfungsi. Sedangkan jika proses persalinan normal, Anda tak perlu khawatir karena tubuh wanita telah dirancang untuk melahirkan secara alami.

3. Daya Tahan Tubuh Bayi Lebih Kuat
Bayi yang dilahirkan secara normal akan mempunyai daya tahan tubuh lebih kuat dibandingkan bayi yang dilahirkan secara caesar. Kenapa? Karena kontak bayi dengan bakteri-bakteri fisiologis yang ada dalam jalan lahir sang ibu, akan menjadi imunisasi alami supaya bayi lebih kebal jika ada kontak dengan bakteri-bakteri di lingkungan luar.

4. Biaya dan Waktu Perawatan
Tak dipungkiri harga persalinan caesar jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan normal. Karena itulah, proses waktu perawatannya juga cukup lama di rumah sakit ketimbang persalinan alami. Jika Anda melahirkan secara normal, sebenarnya boleh pulang bahkan sebelum 24 jam dan tak perlu menginap di tempat bersalin.

5. Kebahagiaan
Dilihat dari sisi spiritual, melahirkan secara normal lebih memberikan arti kebahagiaan sebenarnya untuk para ibu. Bahkan, saat bayi diletakkan di dada untuk proses Inisiasi Menyusui Dini, perasaan haru dan bahagia lebih mendominasi sehingga proses pasca melahirkan pun tidak terasa sakit sama sekali.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + fifteen =

%d bloggers like this: