Manfaat Kolostrum Untuk Perkembangan Anak

Loading...

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir. ASI mempunyai manfaat yang menakjubkan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Namun sayangnya, tidak semua wanita mengetahui bahwa ASI pertama yang dikeluarkan olehnya setelah melahirkan tidak berwarna putih, tapi berwarna kekuning-kuningan, yang disebut kolostrum. Kebanyakan wanita justru membuang kolostrum ini karena dianggap buruk untuk bayi, padahal susu ini sangat penting untuk asupan nutrisi pertama untuk si kecil.

Manfaat Kolostrum Untuk Perkembangan Anak

Kolostrum atau ada pula yang menyebutnya sebagai jolong merupakan susu yang dihasilkan oleh kalenjar susu dalam tahap akhir pada saat kehamilan dan setelah beberapa hari setelah kelahiran bayi. Kolostrum kaya akan protein dan mempunyai kandungan lemak yang rendah. Itulah kenapa kolostrum sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Dalam kolostrum, ada sekitar 90 bahan bioaktif alami yang komponen utamanya digabungkan menjadi dua yaitu faktor pertumbuhan dan faktor imun.

Berikut ini beberapa manfaat kolostrum untuk perkembangan anak:

1. Aman untuk Pencernaan
Manfaat utama kolostrum yang utama adalah untuk sistem pencernaan bayi yakni mampu melindungi usus bayi dalam mencerna makanan. Kolostrum membantu untuk melindungi usus bayi dan kuman yang masuk lewat aliran darah, hingga sistem kekebalan dalam tubuhnya sudah berfungsi dengan baik.

2. Sebagai Antibodi
Kolostrum mempunyai kemampuan untuk menurunkan timbulnya reaksi alergi. Antibodi yang terkandung di dalamnya dalam melawan zat pencetus alergi. Kolostrum mengandung kemampuan mengikat IgE yaitu imunoglobulin yang memicu reaksi alergi. Dengan begitu, kolostrum mampu menekan munculnya IgE sehingga mencegah dan menghambat timbulnya reaksi alergi.

3. Peranan dalam Proses Detoksifikasi
Manfaat lainnya dari kolostrum adalah mendetokfikasi tubuh dan membuat saluran pencernaan lebih sehat. Kolostrum mampu menghancurkan patogen berbahaya bagi usus anak sehingga menimbulkan berbagai jenis penyakit berbahaya. Selain itu, kolostrum juga bertindak sebagai obat untuk memperbaiki kerusakan pada dinding usus akibat racun yang terakumulasi di usus.

4. Melindungi Bayi dari Berbagai Penyakit
Di dalam kolostrum, selain terkandung sebagai antibodi, juga terkandung kandungan yang sama dengan sel darah putih dalam jumlah yang cukup tinggi. Sel darah putih ini berfungsi sebagai sistem pelindung atau kekebalan dalam tubuh bayi dan berbagai virus serta bakteri lainnya yang dapat membuat bayi Anda sakit. Kolostrum juga dapat membantu pembentukan bakteri baik untuk pencernaan dan menjadi pencegah diare pada bayi.

5. Mengatasi Bayi Kuning
Kolostrum juga berguna sebagai salah satu cara mengatasi bayi kuning karena dapat mengurangi konsentrasi biliribin yang menyebabkan bayi kuning, sehingga terhindar dari efek jaundice. Jaundice sendiri merupakan perubahan warna kuning yang terjadi pada mata dan kulit pada bayi baru lahir. Hal ini terjadi karena bayi mengandung kelebihan bilirubin, suatu pigmen yang terletak pada sel darah merah yang bisa berubah menjadi kuning.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =

%d bloggers like this: