5 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Ibu Hamil

Loading...

Seorang wanita sangat memerlukan kandungan zat besi selama kehamilan untuk membantu tumbuh kembang janin diperutnya. Dengan zat besi yang cukup, tubuh ibu hamil juga kebal terhadap berbagai penyakit yang menyerang kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

5 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Ibu Hamil

Menyadari pentingnya zat besi untuk ibu hamil, para wanita pun berusaha mencukupi zat mineral satu ini supaya kehamilan dapat terus sehat dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan. Sebenarnya, makanan yang kaya zat besi sangat mudah di dapatkan dan diolah. Namun, sumber zat besi pada sebagian makanan cenderung tidak mudah diserap oleh tubuh.

Supaya zat besi dalam makanan lebih mudah diserap, sebaiknya ibu hamil juga mempadukannya dengan makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti melon atau pepaya. Memang pada dasarnya, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil haruslah seimbang dan tepat sehingga menghindari berbagai komplikasi janin yang berbahaya.

Lantas apa saja makanan sumber zat besi yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut diantaranya adalah:

1. Bayam
Bayam sangat mudah dijumpai dipusat pembelanjaan, baik itu dipasar tradisional matau mall. Sayuran hijau ini merupakan sayuran yang kaya akan zat besi. Dalam 100 gram bayam mengandung 6,53 mg besi. Selain itu, bayam juga mengandung kalsium dan potasium yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem skeleton janin.

2. Daging merah
daging merah adalah bahan makanan hewani yang lezat, misalnya daging sapi. Dalam 100 gram daging sapi mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak dan 2,8 mg zat besi. Kemudian, daging merah juga kaya akan protein sehingga sangat baik untuk memulihkan kondisi tubuh setelah berolahraga. Selain daging merah, ibu hamil juga boleh memakan daging ayam.

3. Tomat
Setiap orang pasti pernah memakan tomat. Buah berwarna merah ini ternyata mengandung zat besi yang tinggi. Dalam 100 gram tomat, terdapat 3,39 mg besi. Rajin mengonsumsi tomat juga dapat mencegah penuaan kulit dan mengatasi kemahnya sistem imun karena tinggi antioksidan dan vitamin C.

4. Tiram
Makanan mewah ini sering ditemukan direstoran seaafod. Bukan hanya mutiara saja yang dapat ditemuan dalam tiram, namun juga kandungan zat besi. Terhitung 80 gr tiram mengandung 5,91 mg zat besi. Tiram dapat diolah menjadi soup, ditumis biasa atau menjadi penganan jenis lainnya.

5. Nasi Putih
Bisa dikatakan nasi putih adalah makanan pokok orang Indonesia. Ya, bukan hanya dikenal sebagai sumber karbohidrat terbaik, ternyata nasi putih juga kaya akan kandungan zat besi. Satu cangkir nasi putih mengandung 7,9 gram zat besi. Bukan hanya itu, di dalam makanan ini juga kaya zat mangan dan rendah kandungan lemak jenugh, kolesterol, dan sodium.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − ten =

%d bloggers like this: