Hal yang Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Tumbuh Gigi

Loading...

Pertama kalinya anak tumbuh gigi menjadi momen berharga yang ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Namun, proses ini juga bisa menjadi masa yang meresahkan sebab sebagian bayi akan menjadi lebih rewel karena merasakan gusi gatal dan sakit. Hal ini memang sudah biasa karena termasuk gejala tumbuh gigi pada bayi.

Hal yang Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Tumbuh Gigi

Gigi bayi telah mulai berkembang di dalam gusi sejak ia berada di dalam kandungan. Maka dari itu, lubang gigi sudah dapat muncul ketika bayi berusia tiga bulanan, bahkan ada yang sudah tampak saat bayi baru lahir. Namun biasanya, gigi bayi akan telihat saat ia berusia 6 bulan. Saat itu, gigi yang tumbuh pertama kali tumbuh adalah dua gigi bawah paling depan yang kemudian di ikuti dua gigi atas paling depan. Kebanyakan anak akan lengkap gigi seluruhnya pada usia 3 tahun.

Walaupun belum terlihat dengan jelas, namun mungkin Anda sudah mengetahui bahwa anak sedang tumbuh gigi dengan mengenali ciri-ciri umum, seperti anak suka memasukkan dan menggigiti benda yang dipegangnya, mengeluarkan air liur lebih banyak, rewel karena gusi terasa nyeri, tidak mau makan dan sulit tidur nyenyak. Gejala lainnya yang mungkin timbul adalah demam dan diare, namun tidak terbukti secara medis.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua ketika anak tumbuh gigi sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakannya. Berikut ini hal yang dilakukan orang tua ketika anak tumbuh gigi:

1. Teether atau Mainan Gigit
Teether merupakan mainan berbentuk lingkaran yang mudah digenggam bayi dan aman saat dimasukkan ke mulut. Beberapa teether bisa di dinginkan lebih dulu ke dalam refrigerator supaya dapat meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pad gusi anak yang baru tumbuh gigi. Teether ini juga tersedia banyak di pasaran dengan berbagai merk, bentuk dan bahan. Pastikan Anda membeli teether dengan merk yang terpercaya sehingga kesehatan anak terjamin karena tak memakai bahan-bahan berbahaya.

2. Camilan Sehat dan Enak
Daripada anak Anda memasukkan benda-benda yang belum tentu bersih, apabila usinya sudah 6 bulan, maka Anda bisa memberikan camilan sehat dan enak sebagai penggantinya. Sepotong biskuit rendah gula, sepotong wortel rebus atau apel bisa menjadi pilihan untuk digenggam dan digigit oleh bayi. Hindarilah makanan yang mengandung gula atau makanan keras yang dapat membuat anak tersedak.

3. Usap Gusi Anak
Anda juga bisa mengusup gusi yang ditumbuhi akar gigi pada anak Anda, namun hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai memaksanya saat ingin mengusap gusi tersebut. Lakukanlah perlahan dengan memasukkan jari Anda ke dalam mulut bayi dan kemudian usap-usap pada gusinya. Perlakuan ini dapat membuat bayi Anda merasa nyaman.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 12 =

%d bloggers like this: