Atasi Flu & Batuk pada Anak Dengan Bahan Alami

Loading...

Penyakit flu dan batuk seolah menjadi penyakit yang lumrah terjadi, apalagi saat musim hujan. Tidak dipungkiri jika seseorang terserang penyakit itu, aktivitasnya dapat terganggu sebab muncul rasa tidak nyaman pada tubuh. Penyakit flu dan batuk juga seringkali di iringi dengan pilek, masuk angin, dan meriang di bagian tubuh tertentu. Oleh sebab itu, pengobatannya pun cepat dicari orang dan kebanyakan mereka membeli obat yang telah tersedia di apotik

Atasi Flu & Batuk pada Anak Dengan Bahan Alami

Tidak masalah bagi orang dewasa untuk meminum obat, namun bagaimana dengan anak kecil? Mereka yang terserang flu dan batuk seringkali beranggapan bahwa obat itu pahit sehingga mereka enggan untuk meminumnya. Maka dari itu, apabila si kecil terjangkit flu dan batuk, sebaiknya Anda memberikannya obat alami atau tindakan lain yang dapat meredakan gejalanya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir efek samping dari obat-obatan kimia.

Lantas apa saja bahan alami yang dapat meredakan flu dan batuk pada anak? Berikut adalah bahan-bahannya:

1. Madu dan Lemon
Ketika mengalami flu dan batuk, biasanya anak akan kesulitan bernapas karena hidung tersumbat. Selain itu, madu juga membantu anak untuk tidur lebih nyenyak. Untuk mengatasinya flu dan batuk, Anda dapat mencampurkan madu dan lemon yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan mengatasi infeksi. Caranya sangat mudah, Anda hanya mengaduk satu sendok teh madu dan lemon dalam air hangat, dan lalu berikanlah pada anak untuk diminumnya.

2. Kunyit
Para nenek moyang percaya bahwa kunyit merupakan rempah-rempah yang berkhasiat untuk meredakan batuk. Caranya adalah Anda hanya mencampurkan satu jumput bubuk kunyit pada susu yang biasanya di minum oleh anak sebanyak dua kali sehari.

3. Garam
Menurut studi International Journal of Pediatric Otorhinolarngology yang menyebutkan bahwa garam mempunyai khasiat antiflamasi yang bisa membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan. Selain itu, garam juga mampu meredakan batuk dan radang tenggorokan. Untuk hidung tersumbat, Anda dapat mengatasinya dengan meneteskan larutan garam fisologis yang tersedia di apotek atau toko obat.

Atau Anda juga dapat membuat sendiri larutan garam dengan cara melarutkan ½ hingga 1 sendok teh garam ke dalam ½ liter air hangat. Teteskan larutan itu dengan bantuan pipet yang kemudian untuk mengatasi sakit tenggorokan dan batuk. Anda pun bisa mengajarkan anak untuk berkumur dengan larutan air garam tersebut.

4. Minyak Pijat
Bukan hanya pengobatan dari dalam, Anda bisa mengobati flu dan batuk si kecil dari luar tubuhnya dengan cara memijat lembut pada dada anak dengan memakai campuran minyak zaitun dan minyak essential. Hal ini bertujuan supaya anak lebih mudah bernapas. Anda dapat memakai minyak essential yang sehat seperti rosemary, kayu putih atau minyak peppermint.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eleven =

%d bloggers like this: