Pentingnya Batasi Penggunaan Gadget pada Anak

Loading...

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, gadget kini menjadi suatu benda penting yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan untuk sebagian orang, gadget adalah perangkat yang sangat vital sehingga mereka tidak dapat dipisahkan dengan gadget sebentar saja. Namun, pertimbangkan juga dampak bermain gadget berlebihan karena itu dapat menjadi negatif bagi tubuh seseorang.

Pentingnya Batasi Penggunaan Gadget pada Anak

Terlebih lagi untuk anak-anak sehingga para orang tua harus lebih memantau dan jika bisa harus membatasi anak ketika bermain gadget. Apabila dibiarkan terus-menerus, akan timbul kecanduan gadget pada anak sehingga akan susah untuk melepaskan kebiasaan mereka untuk terus bergantung pada perangkat canggih itu.

Apa yang dilakukan ketika masa kecil akan sangat mempengaruhi perkembangan anak di kemudian hari. Bagi anak, mereka akan menerapakan “What You See is What You Get” di otaknya. Penerapan ini mempunyai makna bahwa apa yang dilihat oleh anak adalah sebuah pelajaran baru bagi dirinya. Hal inilah jika semua aktivitas tanpa bimbingan yang terarah dari orang tua atau keluarga, maka perkembangan anak akan mengarah kepada sisi negatifnya.

Hal tersebut juga termasuk dalam penggunaan gadget. Jika anak terus bermain perangkat itu setiap saat, maka lama kelamaan mareka akan tidak mau dipisahkan dari gadget karena sudah kecanduan. Menurut Annelia Sari Sani, M.Psi selaku Psikolog dari Tiga generasi mengatakan bahwa anak-anak berusia 2 tahun ke bawah, tidak di sarankan untuk bermain gadget, sedangkan untuk anak-anak yang berusia 2 tahun ke atas hanya boleh bermain gadget tidak lebih dari 2 jam per hari.

Bahkan, tokoh penting dalam perkembangan teknologi dunia yaitu Steve Jobs yang membatasi penggunaan gadget pada anak-anaknya. Berikut ini alasan sosok hebat dari Apple itu untuk membatasi penggunaan Gadget pada anaknya:

1. Perhatian terhadap Dampak Gadget ke anak
Pembatasan gadget sebenarnya hanya sebuah bentuk perhatian terhadap efek jangka panjang dari penggunakan perangkat mobile bagi si kecil, terlebih untuk produk dengan layar touchscreen. Gadget dengan layar sentuh memberi kemudahan dan menarik untuk anak-anak sehingga sering menjadi alasan kenapa menyebabkan kecanduan.

2. Meningkatkan kualitas komunikasi antar keluarga
Tanpa adanya gadget, anak bersama keluarga besar dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan hal-hal menarik. Anda pun bisa sambil menceritakan cerita-cerita lucu pada anak yang nantinya akan tercipta suasana hangat di keluarga.

3. Meningkatkan social skill
Menurut penelitian dari Universitas California, anak yang tidak memakai gadget selama beberapa hari mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, sehingga memiliki social skill lebih baik. Mereka dapat bersosialisasi walau sebelumnya depresi karena jauh dari gadget.

4. Bahaya Paparan Konten-Konten di Internet
Anak yang berumur 10 tahun ke bawah sangat mudah terkontaminasi dengan konten-konten berbahaya yang tersebar di dunia maya, seperti pornografi dan pembully-an. Hal itu akibat rasa ingin tahu yang tinggi dan akses internet begitu mudah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

%d bloggers like this: