Makanan Pencegah Kekurangan Zat Besi pada Anak

Loading...

Zat besi berperan sebagai nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda. Kandungan ini diperlukan untuk memindahkan pasokan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh serta membantu otot supaya dapat menyimpan dan menggunakan oksigen tersebut. Oleh sebab itu, bila anak kekurangan asupan zat besi bisa menyebabkan proses-proses biologis terganggu dan apabila parah, anak dapat mengalami anemia.

Makanan Pencegah Kekurangan Zat Besi pada Anak

Di dalam tubuh makhluk hidup, zat besi akan bergabung dengan protein khusus yang berguna untuk membentuk Hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah. Hal ini menjadi tanggung jawab Hemoglobin dalam mengikat oksigen yang di hirup melalui hidung dan akan disimpan dalam paru paru yang nantinya akan di distribusikan ke seluruh tubuh.

Berapa banyak zat yang diperlukan untuk tubuh anak kecil? Bayi yang baru lahir telah memiliki asupan zat besi di dalam tubuhnya, namun asupan zat besi dari air susu ibu masih sangat diperlukan, sehingga kebutuhan zat besi pada bayi di bawah usia 6 bulan harus dipenuhi oleh ASI. Kemudian, anak berusia dari 7-12 bulan rata-rata memerlukan asupan zat besi sebesar 11 mg/hari. Sementara itu, balita dari usia 1-3 tahun memerlukan lebih sedikit zat besi yakni 7 mg/hari. Semakin tua usianya, maka semakin banyak pula tubuh memerlukan kandungan zat besi.

Bayi yang terlahir prematur atau memiliki berat badan di bawah normal, umumnya membawa zat besi yang lebih sedikit dalam tubuhnya. Maka dari itu, tubuh berpotensi kekurangan zat besi karena tidak ada asupan yang cukup dari ASI atau susu formula khusus untuk bayi prematur. Selain bayi prematur, anak yang mengalami kekurangan zat besi akan menunjukkan tanda-tanda yang mudah dikenali seperti lemah, mudah lelah, pucat, tidak nafsu makan, dan meningkatnya resiko terkena infeksi.

Pencegahan Kekurangan Zat besi pada Anak

Untuk mencegah anak Anda kekurangan zat besi, maka mulai sekarang biasakanlah memberi asupan gizi yang cukup dengan cara memilih makanan yang tepat. Makanan ini berguna sebagai pencegah kekurangan zat gizi pada anak:

1. Telur (1.2 mg/100 gr)
Zat besi dalam telur dapat membantu transportasi oksigen sehingga proses pembentukan sel darah merah menjadi lebih stabil. Selain zat besi, kandungan lainnya yang terdapat dalam telur adalah vitamin A, E, dan B12.

2. Bayam (2.01 mg/100 gr)
Bayam mempunyai karakter warna hijau yang mengandung zat besi tinggi dan antioksidan yang baik bagi tubuh anak. Zat besi didalamnya mampu menjaga produksi sel darah merah dan menunjang sistem metabolisme dalam tubuh

3. Ikan Sarden (1.7 mg/75 gr)
Kandungan zat besi di dalam ikan laut ini berguna untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan sistem kerja protein. Selain itu, dalam ikan sarden juga mengandung fosfor dan vitamin D.

4. Daging Sapi (1.4 mg/75gr)
Kandungan zat besi, seng, dan selenium di dalamnya sangat berguna untuk menjaga produksi hemoglobin dalam tubuh. Selain itu, vitamin A, B, dan D juga mampu meningkatkan kesehatan mata, jantung, dan syaraf.

5. Kedelai (6.5 mg/75 gr)
Kedelai sangat mudah ditemukan di Indonesia. Berbagai olahan makanan seperti tempe dan tahu ternyata mengandung zat besi yang cukup tinggi. kandungan lainnya adalah protein dan senyawa fitoestrogen.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − four =

%d bloggers like this: