Cara Sederhana agar Bayi Tidur Nyenyak

Loading...

Apabila Anda yang baru menjadi orang tua, pastinya memiliki bayi adalah suatu kebahagiaan tiada tara. Namun mempunyai bayi juga butuh perjuangan dan pengorbanan sebab merawat bayi memang membutuhkan kesabaran ekstra dari orang tuanya. Salah satu contoh adalah ketika jam tidur bayi yang sering tak menentu.

Cara Sederhana agar Bayi Tidur Nyenyak

Bayi mempunyai jam tidur yang belum teratur. Terkadang si kecil tidur nyenyak di waktu pagi hari dan terbangun saat malam harinya. Hal tersebut tentunya membuat waktu tidur anak Anda menjadi berkurang. Padahal manfaat tidur nyenyak pada bayi sangat dibutuhkan oleh tubuhnya untuk menunjang perkembangan otak.

Oleh karan itulah, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana caranya supaya tidur bayi menjadi nyenyak, terlebih lagi bayi sebaiknya tidur selama 12 jam lebih dalam sehari untuk membantu pertumbuhan lebih cepat. Berikut ini cara sederhana agar bayi tidur nyenyak:

1. Atur Jadwal Menyusui
Supaya bayi tidur nyenyak, sebaiknya Anda atur jadwal menyusui yang tepat. Pilihlah waktu menyusui sebelum bayi tertidur dan setelah bangun tidur. Hal ini ditujukan agar bayi dapat tidur dengan pulas tanpa sering terbangun karena masih terasa lapar.

Selain itu, orang tua sebaiknya tidak perlu membangunkan bayi yang sedang tertidur pulas hanya untuk sekedar menyusui. Ingatlah, bayi akan terbangun dengan sendirinya saat ia lapar, buang air kecil atau buang air besar.

2. Kenali Tanda Mengantuk
Saat mengantuk, biasanya bayi akan mengeluarkan tanda-tanda fisik yang mulai lelah. Umumnya di tandai dengan menggosok-gosokkan mata, menghisap hari, menguap atau bahkan menangis. Apabila tanda-tanda ini muncul, segera tidurkan bayi. Kondisi ini juga menguntungkan untuk bayi supaya jadwal tidur lebih awal dan tidak rewel.

3. Mandikan Bayi dengan Air Hangat sebelum Tidur
Metode ini dipercaya bisa membuat tidur si kecil menjadi lelap. Bersihkan badan bayi sebelum dengan menyeka dengan air hangat supaya tubuhnya tidak lengket. Setelah mandi, bayi biasanya akan mudah tertidur dengan nyenyak karena rasa hangat dapat memperlancar sirkulasi darah dan otot-otot menjadi lemas.

4. Putarkan Musik
Anda dapat memutar musik lembut sebagai pengantar tidur seperti musik klasik atau lullaby. Lagu-lagu bernada lembut juga tepat untuk mengantarkan bayi ke alam bawah sadarnya lebih cepat. Kalau tidak mau repot, orang tua dapat bersenandung kecil sampil menepuk-nepuk badannya lembut sambil menggendong bayi.

5. Beri Wewangian Alami
Wewangian menjadi salah satu kunci supaya dapat membuat bayi bisa tidur dengan nyenyak. Hidung bayi yang mungil dapat terbuai dengan semerbak wewangian yang berasal dari aroma minyak lavender alami. Anda bisa meneteskan satu atau dua tetes pada tissue dan kemudian meletakkannya di sekitar bayi tidur. Minyak natural juga dapat membuat bayi menjadi relaks dan nyaman.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =

%d bloggers like this: