Dongkrak Kecerdasan Anak dengan Senam Otak

Loading...

Anda pasti tidak asing dengan istilah senam hamil kan? Ya, senam hamil sangat bermanfaat untuk melancarkan persalinan. Namun, apakah Anda pernah mendengar senam otak? Menurut pakar fisioterapis yang mengatakan bahwa senam otak dapat membantu melatih kecerdasan anak sejak dini.

Dongkrak Kecerdasan Anak dengan Senam Otak

Otak merupakan bagian tubuh yang paling vital karena berperan sebagai pusat pengendali organ-organ tubuh lainnya. Komponen penting ini juga selalu berhubungan dengan intelegensia dan kecerdasan seseorang. Apabila Anda ingin membuat anak menjadi cerdas, maka Anda harus meningkatkan kemampuan di bagian komponen otak tersebut, salah satunya dengan cara senam otak atau brain gym.

Senam otak merupakan serangkaian latihan gerak sederhana yang digunakan untuk memudahkan anak dalam kegiatan belajar sehari-hari. Gerakan-gerakan ini bertujuan untuk merangsang otak kanan dan kiri, meringankan atau merelaksasi belakang dan bagian belakang otak, dan merangsang sistem yang berhubungan dengan perasaan atau emosional.

Dengan senam otak, Anda bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak melalui berbagai stimulasi gerakan. Gerakan-gerakan ringan dengan permainan dengan menggunakan tangan dan kaki yang kemudian akan memberikan rangsangan ke otak. Gerakan inilah yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif seperti konsentrasi, kewaspadaan, kecepatan, persepsi, memori, pemecahan masalah, dan kreativitas. Lalu senam otak juga dapat menyelaraskan kemampuan berakifitas dan berpikir pada saat bersamaan, mengoptimalkan fungsi kinerja panca indera, meningkatkan keseimbangan atau harmonisasi antar kontrol emosi dan logika.

Senam otak adalah salah satu teknik belajar yang paling baik untuk mencerdaskan anak. Selain anak menjadi cerdas, berbagai manfaat lain yang diberikan oleh brain gym antara lain:
· Memungkinkan belajar dan bekerja tanpa stres
· Tidak memerlukan bahan atau tempat yang khusus
· Dapat dilakukan dalam waktu singkat, bahkan kurang dari 5 menit
· Meningkatkan kepercayaan diri
· Sangat efektif dalam menangani anak yang susah belajar
· Membuat anak menjadi mandiri
· Mengaktifkan seluruh keterampilan dan potensi yang dimiliki oleh seseorang
· Anak menjadi lebih bersemangat, kreatif dan efisien
· Stres emosional berkurang dan pikiran anak menjadi lebih jernih
· Kemampuan bahasa dan daya ingat anak semakin meningkat

Pada awalnya, senam otak atau brain gym dimanfaatkan untuk anak yang mengalami masalah kesulitan seperti penyakit ADD atau Attention Deficit Disorder, kerusakan otak, hiperaktif, depresi, dan sulit konsentrasi. Dengan melakukan gerakan-gerakan senam otak, kelainan tersebut dapat di atasi dengan kemajuan di komponen otaknya. Semakin seriring berjalan waktu, senam otak digunakan untuk bermacam-macam kegunaan.

Bukan hanya untuk anak-anak, sekarang orang yang sudah lanjut usia dan telah kehilangan tingkat kewaspadaan serta refleksnya, bisa dibangkitkan kembali dengan senam otak. Di Amerika dan Eropa, senam otak ini sudah sangat populer karena terbukti manfaatnya dan juga gerakan-gerakannya sangat mudah dilakukan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − two =

%d bloggers like this: