Pertolongan Pertama Ketika Anak Tersedak

Loading...

Tersedak atau choking menjadi hal yang sangat lumrah terjadi pada anak-anak. Kejadian ini juga timbul secara tidak sengaja, tiba-tiba atau saat anak sedang makan, misalnya ia tertawa padahal sedang mengunyah makanan, makan dengan terburu-buru atau saat sedang makan lalu dikagetkan dari belakang.

Pertolongan Pertama Ketika Anak Tersedak

Memang tersedak menjadi sesuatu yang begitu sepele, tapi jangan di anggap remeh karena tersedak bisa mengakibatkan hal yang fatal bahkan bisa sampai meninggal. Maka dari itu, sebagai orang tua Anda harus segera memberikan pertolongan pertama ketika anak tersedak apabila tidak ingin sang buah hati kenapa-kenapa.

Kasus Anak Tersedak
Tersedak membuat makanan yang ditahan oleh mulut, justru masuk ke dalam saluran pernafasan dan bukannya masuk ke saluran pencernaan. Tentu saja hal ini sangat berbahaya dan dapat menganggunya proses pernafasan. Menurut penelitian oleh Centers of Disease Control and Prevention, karena masalah tersedak saja sudah lebih 34 anak yang harus dirawat ke ruang IGD. Parahnya lagi, sudah lebih dari 57 anak meninggal dunia setiap tahunnya akibat tersedaknya. Memang terdengar sangat sepele mengenai tersedak ini, tapi jangan pernah Anda menganggapnya sepele.

Saat Anak Mulai Tersedak
Anak yang mulai tersedak sangat kesulitan untuk mengutarakan pendapatnya bahwa ia sedang kesakitan. Beberapa anak yang melihat temannya tersedak sering tertawa karena terdengar lucu sehingga banyak orang yang menganggap hal ini sebagai guyonan saja.

Ketika anak sudah tersedak, ia mulai kesulitan untuk bicara satu kata saja dan orang lain hanya mendengar suara seperti ‘tercekik’. Tubuh anak yang tersedak akan memberikan perlindungan diri seperti batuk-batuk supaya benda yang masuk ke dalam saluran pernapasan segera keluar.

Namun sayangnya, jika batuk juga tidak berhasil membuat benda itu keluar, maka kulit tubuh akan membiru dan anak menjadi kesulitan bernapas sambil panik. Beberapa anak bahkan pingsan jika waktu tersedak cukup lama. Hal ini sudah termasuk parah, bahkan juga tidak segera ditolong akan berujung kematian.

Pertolongan Pertama untuk Anak terdesak

Ketika anak Anda mengalami terdesak, segera lakukan pertolongan pertama sebagai berikut:
· Coba mintalah pada anak supaya batuk secara kuat
· Lalu pukullah punggung anak tersebut
· Apabila masih belum reda, posisikan diri Anda setinggi anak yang tersedak
· Kemudian, lingkarkan tangan kiri Anda di dada si kecil. Buatlah posisi anak seperti membungkuk
· Pukullah sampai 5x dipunggungnya dan usahakan jangan terlalu kuat

Jika cara-cara di atas belum berhasil, maka Anda dapat melakukan gerakan hentakan perut atau Heimlich seperti dibawah ini:
· Pangku anak dengan posisi Anda berada di belakang tubuh anak
· Lalu lingkarkan kedua lengan Anda di pinggang si anak yang tersedak
· Kepalkan salah satu tangan Anda dan usahakan letakkan sedikit di atas pusar, sedangkan tangan lainnya memegang erat lengan dari tangan yang terkepal
· Kemudian, hentakkan dengan gerakan cepat ke bagian perut anak. Gerakan ini akan menekan perut yang nantinya di arahkan ke ulu hati.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =

%d bloggers like this: