Mengenal Manfaat Kandungan AA & DHA

Loading...

Telinga Anda mungkin sangat sering mendengar kata “AA” dan “DHA”, baik dari ucapan dokter atau pada iklan di televisi atau artikel cetak. Kedua kandungan tersebut memang termasuk salah satu nutrisi penting masa pertumbungan anak. Kandungan AA dan DHA sering terdapat pada susu formula, biskuit untuk balita dan pada ASI.

Mengenal Manfaat Kandungan AA & DHA

Manfaat AA dan DHA
AA merupakan singkatan dari Arachidonic Acid atau Asam Arachidonat yang termasuk jenis asam lemak omega 6 yang sering dijumpai pada membran sel. AA juga menjadi senyawa yang sangat penting dalam komunikasi antar sel dan menjadi senyawa penyusun untuk senyawa penting lainnya di dalam tubuh.

Sedangkan DHA adalah kepanjangan dari Cocosahexaenoic Acid atau Asam Dokosaheksaenot yang termasuk asam lemak tidak jenuh rantai panjang dengan golongan Omoga-3 yang begitu penting untuk fungsi kecerdasan dan penglihatan.

Saat ini, banyak produk yang tersebar dipasaran dengan menyematkan kandungan isinya berupa AA dan DHA. Namun tahukah Anda jika kedua kandungan tersebut paling tinggi dan terjamin manfaatnya terdapat pada ASI. Jadi, jika Anda termasuk ibu yang baru melahirkan, lebih baik berikanlah buah hati Anda ASI dan bukan susu formula selama 6 bulan pertama. Setelah lepas dari ASI, si kecil masih bisa mendapatkan kandungan AA dan DHA dari makanan lainnya seperti daging, ikan-ikan laut, telur, serta susu formula yang terpercaya.

Karena pentingnya AA dan DHA untuk pertumbuhan anak, Anda harus mengetahui beberapa manfaat utama dari kandungan AA dan DHA yang telah kami rangkum sebagai berikut.

1. Kecerdasan
Banyak penelitian ilmiah yang telah dilakukan untuk membuktikan bahwa manfaat AA dan DHA sebagai faktor pencetak kecerdasan otak. Menurut penelitian oleh GregoryFinn MD bahwa anak-anak yang mengonsumsi AA dan DHA yang cukup memiliki tingkat verbal IQ sebesar 112.6, anak yang mengonsumsi susu tapi tidak ada kandungan AA dan DHA hanya 98,8, sedangkan anak yang meminum susu dengan tambahan keduanya memiliki IQ 104.5. Hal ini juga membuktikan bahwa ASI tetaplah asupan terbaik untuk menunjang kecerdasan anak.

2. Penglihatan
Kandungan AA dan DHA berperan sangat penting dalam pembentukan retina mata. Anak yang berumur 12 bulan dengan konsumsi AA dan DHA akan memiliki tingkat penglihatan sekitar -20/28 vision. Sedangkan mereka yang tidak, angkanya sekitar -20/41 vision, sehingga anak yang mengonsumsi AA dan DHA cukup memiliki kemampuan melihat lebih tajam dan jelas.

3. Mencegah Infeksi Repsiratorik
Infeksi ini sering menyerang saluran hidung, sibus, parynk dan lyrynk. Secara sederhana, kenis penyakitnya adalah flu, sinusitis, paryngitis, infeksi telinga, hingga bronchitis. Gejala yang di alami bisa berupa batuk-batul, hidung tersumbat, radang tenggorokan, demam, sakit kepala, dan bersin.

Untuk mengurangi resiko terkena infeksi tersebut, sebaiknya Anda sebagai orang tua selalu ingat untuk memberikan kandungan AA dan DHA sejak dini pada si kecil. Hal ini dikarenakan AA dan DHA akan menekan resiko hingga 45% kemungkinan anak terjangkit infeksi repsiratorik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 7 =

%d bloggers like this: