Alergi Susu Sapi pada Anak

Loading...

Untuk menunjang pertumbuhan anak, tidak heran para orang tua sering memberikannya susu formula setiap hari. Komponen senyawa yang lengkap di dalamnya mampu membantu pertumbuhan anak dengan baik. Salah satu jenis susu yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, baik mancanegara atau Indonesia adalah susu sapi. Jenis susu inilah yang memang dijumpai dalam susu formula bayi. Di dalam susu sapi terdapat kandungan yang sangat lengkap seperti kalsium, protein, kalori, lemak, karbohidrat, fosfor, vitamin A, B1 dan C.

Alergi Susu Sapi pada Anak

Walaupun bergizi, terkadang susu sapi juga dapat menyebabkan anak menjadi alergi yang akan timbul gejala-gejala kesehatan seperti gangguan kulit hingga pencernaan. Dapat dikatakan jika balita yang sulit minum susu lebih baik daripada balita yang alergi susu karena secara tidak langsung ia akan menolak semua produk susu sapi yang lebih banyak beredar dari jenis susu lainnya. Kalau sudah begitu, Anda pasti kesusahan mencari produk susu apa yang cocok untuk anak Anda bukan?

Gejala & Tanda Anak Alergi Susu Sapi

Ketika anak alergi susu sapi, terjadi akibat atas reaksi sistem kekebalan tubuhnya dengan protein yang terkandung di dalam produk susu. Jenis protein yang sering menyebabkan alergi ialah kasein dan whey. Anak yang mengalami alergi mungkin saja di akibatkan oleh salah satu dari kedua protein tersebut. Reaksi yang ditimbulkan pun dapat terjadi dalam hitungan menit atau berjam-jam setelah meminum susu.

Gejala dan tanda yang dapat terjadi tergantung dengan kekebalan tubuh si kecil. Tetapi umumnya, gejala yang langsung muncul setelah anak meminum susu ialah muntah, timbul suara ‘ngik-ngik dari mulutnya, rasa gatal yang disertai bengkak dan kemerahan. Sementara itu, berikut adalah gejala dan tanda yang akan muncul beberapa jam jika benar anak alergi pada susu sapi:
· Diare, dan mungkin mengandung darah
· Batuk
· Flu
· Kram paa perut
· Mata berair
· Kulit menjadi gatal dan ruam, sering terjadi di area sekitar mulut
· Kolik atau nyeri diperut
· Pada lidah sering ditumbuhi bercak putih seperti jamur
· Menurunnya berat badan atau sebaliknya
· Produksi keringat anak jadi berlebih

Tips mengatasi alergi susu sapi
Jika Anda sudah yakin anak alergi dengan produk susu sapi yang dibeli, maka Anda harus mengetahui juga bagaimana cara mengatasinya supaya kesehatan si kecil tetap terjaga. Berikut tips mengatasi anak alergi susu sapi:
· Hindari memberikan susu sapi pada anak atau makanan yang isinya mengandung susu sapi seperti keju, yoghurt dan sebagainya
· Coba untuk mengganti susu formula yang sebelumnya membuat anak alergi. Mungkin saja si kecil mengalami intoleransi pada produk susu tertentu
· Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui jenis minuman apa sebagai pengganti dari susu sapi

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 3 =

%d bloggers like this: