Pengaruh Perkembangan Otak Bayi Prematur pada Kecerdasannya

Loading...

Dalam keadaan normal, bayi akan lahir setelah 9 bulan berada di dalam kandungan. Namun ada beberapa kasus bayi lahir sebelum waktunya yang disebut dengan prematur. Bayi prematur atau lahir tidak cukup bulan memang memiliki berbagai masalah perkembangan sebab organ-organ di dalam tubuhnya belum ‘matang’. Berbagai organ vital seperti otak pun belum berkembang secara semestinya, sehingga para orang tua khawatir dengan kecerdasan anaknya di hari kelak.

Pengaruh Perkembangan Otak Bayi Prematur pada Kecerdasannya

Menurut dr. Agung Zentyo Wibowo selaku ketua Prematur Indonesia, bagian otak pada bayi prematur belum mempunyai mielinisasi yang sempurna di lapisan lemak pada ujung saraf, jika dibandingkan dengan bayi yang lahir normal. Hal tersebut akan mempengaruhi tumbuh kembang anak, termasuk juga kecerdasannya.

Dapat dikatakan bahwa pertumbuhan otak pada bayi prematur umumnya tidak sempurna. Faktor-faktor yang menyebabkan bayi terlahir sebelum waktunya ini kemungkinan dapat menghambat pertumbuhan otaknya dari selama dalam kandungan atau setelah ia lahir. Kemudian redistribusi aliran darah janin, tanda-tanda ketidakcukupan plasenta yang mampu membuat volume otak lebih kecil pada bayi prematur.

Bayi prematur dapat memicu resiko cedera otak semakin meningkat. Para ahli kandungan berpendapat bahwa radang plasenta mampu mengakibatkan cedera otak pada bayi prematur. Sebesar 45 % bayi prematur mengalami radang plasenta. Meskipun demikian, radang plasenta ini bukanlah satu-satunya penyebab cedera otak karena tingkat prematurlah yang faktanya sangat mempengaruhi tingkat resiko cedera otak tersebut.

Masalah pada bayi prematur di kemudian hari tentu harus menjadi perhatian khusus bagi para orang tua. Kesehatan si kecil perlu terus dipantau dari kelahiran hingga masa perkembangan. Salah satunya adalah nutrisi karena nutrisi menjadi salah satu faktor penting untuk membuat anak Anda cerdas. Selain itu, nutrisi juga mendukung genetik dan stimulasi perkembangan bayi. Masa pertumbuhan otak bayi tercepat ialah saat ia masih dalam kandungan hingga berumur 2 tahun atau sering disebut dengan istilah 1000 hari pertama kehidupan. Saat itulah, , Anda harus memilih nutrisi yang tepat untuk kecerdasan bayi yang lahir secara prematur.

Para peneliti dari Kanada merekomendasikan kepada para ibu menyusui yang bayinya terlahir prematur untuk lebih banyak mengonsumsi makanan sumber Omoga-3. Omega-3 disebut juga dengan DHA yang terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang. Kandungan DHA ini mudah ditemukan pada makanan ikan laut seperti tuna, salmon, minyak ikan dan flaxseed.

Sangatlah bijaksana untuk selalu memantau perkembangan bayinya secara teratur. Hal ini dimaksudkan supaya perawatan yang tepat bisa dilakukan untuk melindungi pertumbuhan otak si kecil. Terlebih lagi untuk bayi prematur yang harus dilakukan pemantauan eksklusif secara berkala hingga ia berusia 10 tahun, supaya Anda dapat mengetahui tumbuh kembang otak sampai ia beranjak dewasa.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + nineteen =

%d bloggers like this: