Kenali Perbedaan Manfaat MPASI Instan & Buatan Sendiri

Loading...

Pada usia 6 bulan, anak Anda sudah bisa mengonsumsi MPASI sebagai asupan gizi tambahannya. Tetapi jenis MPASI seperti apa yang sebaiknya diberikan? Seperti yang telah diketahui sebelumnya, MPASI terduru dari tiga macam yaitu MPASI instan pabrikan, produksi rumahan dan buatan sendiri. Dari jenis ketiganya, yang paling penting Anda harus paham soal kualitas bahan makanan, kandungan gizi dan tingkat kebersihannya.

Kenali Perbedaan Manfaat MPASI Instan & Buatan Sendiri

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) instan pabrikan yang difortifikasi seperti biskuit bayi atau bubur, dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak. Jenis ini tentunya aman dikonsumsi sejak bayi berusia 6 bulan dan seterusnya, sebab di produksi sesuai dengan standar pembuatan makanan dari WHO.

Dalam dunia industri makanan, pembuatan produk pangan di atur oleh The Codex Alimentarius Commision. Lembaga ini dibuat oleh FAO atau Food & Agriculture Organization beserta WHO pada tahun 1963. Sejak itulah, standar pembuatan, keamanan hingga pengaturan cara berpromosi, distribusi serta pengangkutan massal MPASI instan pabrikan dibuat. Standar dan aturan tersebut berlaku dan dipatuhi dunia secara internasional.

Makanan bayi yang diproduksi massal tidak boleh memakai bahan pengawet dan zat adiktif berbahaya. Jika ada zat adiktif, seperti gula dan garam, maka dapat di atur denga ketat. Contohnya tidak boleh berlebihan. Standarisasi Codex ini juga menjadi salah satu acuan BPOM untuk mengeluarkan izin produk. Oleh sebab itu, sebelum membeli MPASI instan, Anda pastikan terlebih dahulu apa tercantum atau tidaknya izin BPOM di kemasannya. Jangan lupa pula lihat tanggal kadaluarsa bahan, cara pengolahan dan kandungan gizinya.

Apabila Anda ingin membeli MPASI instan produksi rumahan, Anda harus memperhatikan apakah produk tersebut telah dipercaya memenuhi standar yang sama dengan MPASI produk rumahan. Tetapi repotnya, terkadang produk rumahan ini tidak mencantumkan standarisasi yang di atur oleh WHO dan Codex. Kalau Anda bertemu dengan produk seperti itu, minimal harus yakin dari bahan baku, penghidangan, pengolahan, dan siap santap harus terjamin tingkat kebersihan, gizi serta kematangan produknya. Perhatikan pula apa wadah atau kemasan MPASI telah memenuhi standar kesehatan dan foodgrade.

Tetapi, solusi terbaik adalah MPASI buatan sendiri. Karena, Anda bisa menjaga kebersihan, kualitas bahan makanan, dan juga cara mengolah yang baik supaya kandungan gizi tidak berkurang. Anda bisa menyempatkan membuat makanan pendamping dari buahan-buahan yang segar, sayur-sayuran yang dihaluskan, atau bubur bayi dari nasi. Dengan begitu, kesehatan bayi Anda pun terjamin baik karena terus mengonsumsi makanan alami. Selain itu, dengan MPASI buatan sendiri, Anda dapat mengajarkan bayi dengan pengenalan sayur-sayuran supaya bayi akan terbiasa dan tidak akan terkejut lagi dengan rasa sayur yang lebih tawar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =

%d bloggers like this: