Penyebab Berat Badan Bayi Turun Drastis

Loading...

Salah satu faktor tumbuh kembang buah hati yang terus diperhatikan oleh orang tua adalah berat badan. Terlalu gemuk atau obesitas pada anak mereka, tentu menjadi hal yang ditakutkan. Tetapi bagaimana bila berat badan bayi terus turun sehingga Anda sangat khawatir akan kesehatan si kecil.

Penyebab Berat Badan Bayi Turun Drastis

Berat badan bayi Anda turun drastis? Jangan panik dulu dengan berbagai dugaan negatif di dalam pikiran Anda. Mungkin saja beberapa penyebab berasal dari sekitar Anda sendiri. Sebenarnya, dokter juga sudah mengatakan bahwa berat badan bayi setelah satu atau dua minggu kelahiran memang menurun secara normal. Hal tersebut disebabkan oleh bayi mengeluarkan cairan yang ada di dalam tubuhnya melalui urine atau buang air besar.

Akan tetapi, bagaimana bila bayi sudah menginjak usia 1 atau 2 bulan justru berat badannya terus menurun atau tidak ada perkembangannya sama sekali? Jika sudah begitu, Anda patut waspada. Ada kemungkinan nutrisi dari makanan atau susu balita yang diberikan pada bayi tidak dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh mungilnya. Berikut ini beberapa penyebab berat badan bayi turun drastis:

1. Susu Formula
Salah satu penyebab berat badan bayi tidak kunjung naik, bahkan berangsur-angsur turun yaitu susu formula yang Anda berikan. Mungkin Anda sudah membelikan susu balita terbaik dengan harga yang mahal, namun perlu digaris bawahi jika susu dengan harga mahal belum tentu baik untuk si kecil. Biasanya susu formula mempunyai kandungan yang sama tetapi ada beberapa kandungan yang membedakan antara merk satu formula lain dan yang lainnya.

Dalam hal ini, pastikan Anda memberikan susu formula yang mengandung protein tinggi. Protein tersebut membantu tumbuh kembang balita Anda sehingga berat badannya akan naik. Apabila berat badan bayi tidak naik juga, mungkin Anda salah memilih susu sehingga solusi terbaiknya adalah ganti dengan merk lain.

2. Gangguan Sistem Pencernaan
Apa yang menjadi kriteria Anda memilih susu balita? Apakah kandungannya yang dapat mencerdaskan otak si kecil? Tentu faktor tersebut ada benarnya namun pastikan sistem pencernaan si kecil mampu mencerna susu tersebut. Pasalnya, kebanyakan si kecil akan kehilangan berat badan dikarenakan susu yang diberikan tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga cenderung membuat sistem pencernaan bayi tidak bekerja maksimal.

Ada satu kandungan wajib yang ada dalam susu formula adalah prebiotik. Kandungan ini dibutuhkan oleh sistem pencernaan yang mampu membuat bakteri baik dalam sistem pencernaan semakin berkembag biak. Jika tidak, maka yang terjadi adalah bayi akan sering BAB sehingga berat badan terus turun.

3. Asupan Gizi tidak terpenuhi
Salah satu faktor berat badan bayi terus turun adalah kurangnya asupan gizi yang diterima oleh tubuhnya. Usahakan sejak bayi lahir, Anda harus berikan asupan ASI sebab hanya ASI makanan paling sempurna dan eksklusif untuk bayi dari lahir hingga 6 bulan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =

%d bloggers like this: