5 Gejala Heartburn saat Hamil

Loading...

Ketika hamil, apakah Anda pernah merasakan sensasi terbakar pada perut setelah selesai makan? Kalau iya, maka kemungkinan besar Anda mengalami apa yang dinamakan dengan heartburn rasa panas yang umumnya terjadi pada perut. Rasa panas tersebut sering terjadi pada ibu hamil, tetapi Anda tak perlu khawatir karena heartburn tidak berbahaya meskipun tetap saja menimbulkan rasa sakit yang mengganggu.

5 Gejala Heartburn saat Hamil

Sebenarnya heartburn merupakan salah satu keluhan yang sering di alami oleh ibu hamil saat masuk trimester pertama, terlebih lagi seiring perkembangan janin yang semakin besar. Masalah heartburn juga semakin sering terjadi apalagi ibu hamil menderita penyakit maag. Heartburn akan memicu rasa terbakar pada perut, mulas atau panas, dada hingga ke tenggorakan. Kondisi tersebut dapat di sebabkan oleh perubahan hormon yang sangat besar di dalam tubuh. Untuk mengetahui gejala dan ciri-ciri heartburn saat hamil, Anda dapat menyimak penjelasan secara rinci di bawah ini:

1. Nyeri di Dada
Saat Anda merasakan nyeri di dada seperti adan cairan yang keluar atau rasa panas dari arah perut, maka bisa jadi hal ini adalah heartburn. Rasa sakit tersebut bisa bertahan cukup lama karena adanya pergerakan janin dalam rahim si ibu hamil. Sering kali nyeri di dada di anggap sebagai gejala penyakit jantung padahal rasa nyeri ini berbeda sebab heartburn juga memicu rasa nyaman pada bagian pencernaan.

2. Rasa Mulas yang Kuat
Biasanya ibu hamil merasakan heartburn ketika sedang tidak beraktifitas. Heartburn mampu membuat rasa mulas yang kuat dan perih yang berlebihan saat tubuh berbaring, membungkuk atau tiba-tiba berdiri. Ibu hamil juga akan merasa ingin muntah ketika sedang berdiri atau tidur dengan posisi kepala yang rendah.

3. Sakit perut setelah makan
Heartburn membuat lambung untuk menghasilkan asam berlebihan sehingga saluran pencernaan ibu menjadi tidak nyaman. Karena asam yang tinggi juga menyebabkan rasa nyeri yang sangat kuat pada perut. Apalagi jika ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung minuman yang mengandung kafein.

4. Mulut terasa pahit
Karena naiknya asam dari bagian lambung ke arah kerongkongan, terkadang membuat mulut ibu hami terasa lebih pahit dari dalam tenggorokan. Kemudian sebagian wanita yang mengalami heartburn juga bisa tersedak akibat gejala ini. Mulut pahit bukan hanya terasa di pagi hari, melainkan juga saat malam hari. Apalagi ketika wanita hamil sedang morning sickness, gejala dapat bertambah parah. Sensasi mulut yang terasa pahit ini juga dapat mengurangi nafsu makan si ibu,.

5. Sulit untuk menelan makanan
Heartburn juga mampu menyebabkan ibu hamil kesulitan dalam menelan makanan. Asam yang berlebihan dalam lambung dapat memicu kondisi buruk pada jaringan disekitarnya seperti esofagus. Apabila terus menerus maka dapat menyebabkan kerongkongan menyempit dan akibatnya ibu hamil jadi kesulitan untuk makan sesuatu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =

%d bloggers like this: