Bagian Tubuh yang Mengalami Perubahan Saat Hamil

Loading...

Tubuh wanita mempunyai banyak hal-hal misterius namun sekaligus luar biasa. Salah satu bukti yang paling terlihat ialah saat menjalani masa kehamilan. Setelah para wanita benar-benar telah hamil, maka mereka akan mulai merasakan perubahan secara perlahan dan belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Perubahan ini terjadi disebabkan oleh tubuh harus membantu tumbuh kembang janin supaya tetap sehat.

Bagian Tubuh yang Mengalami Perubahan Saat Hamil

Ketika hamil, tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan tubuh dimana perubahan ini menjadi bentuk penyesuaian yang terjadi secara alami saat buah hati mulai tumbuh di dalam rahim. Beberapa ibu mungkin tidak menyadari perubahan tersebut sebab tidak tampak di permukaan, namun ada pula yang terlihat dengan jelas seperti perubahan pada bentuk fisik ibu hamil. Berikut ini ialah bagian tubuh yang mengalami perubahan saat hamil:

1. Perubahan Payudara
Biasalah hal ini terjadi saat mulai memasuki awal kehamilan. Bagian payudara akan terasa lebih kenyal dan ukurannya mengalami peningkatan. Perubahan ini mulai terjadi ketika usia kehamilan trimester kedua hingga trimester ketiga di saat kelenjar susu mulai bekerja secara aktif. Perubahan inilah pertanda sebagai proses untuk menyiapkan ASI untuk bayi saat lahir nanti.

2. Perubahan kulit
Kulit tubuh maupun wajah yang selama ini Anda jaga dan rawat dengan baik juga akan ikut berubah. Biasanya saat hamil, sebagian ibu akan mengalami perubahan kulit karena peningkatan hormon yang mempengaruhi pigmentasi kulit. Bukan hanya itu, guratan memanjang dari daerah pusar hingga perut ke bagian bawah akan muncul. Lalu kulit berminyak yang memicu timbulnya jerawat, bercak merah di daerah wajah, gatal-gatal dari dada dan lengan. Ada pula sejumlah ibu hamil mengalami kemerahan atau kecoklatan di bagian bawah mata dan bagian atas hidung.

3. Perubahan rambut
Kebanyakan ibu hamil tak menyadari bahwa mereka telah mengalami perubahan pada rambutnya. Biasanya saat hamil, rambut akan sulit untuk di tata atau sekedar hanya untuk di sisir. Rambut juga menjadi mudah kusut meski Anda telah menyisirnya berulang kali. Beberapa wanita hamil bahkan mengalami penipisan pada rambut dan alis. Tetapi jangan risau karena perubahan ini hanya bersifat sementara dan apabila masa kehamilan selesai, rambut akan menjadi normal kembali.

4. Perubahan Perut
Tidak dipungkiri, bagian perut menjadi bagian yang paling jelas terlihat perubahannya ketika hamil. Saat mengandung, perut akan mengalami perubahan sesuai dengan usia kehamilan yang di ikuti dengan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, perut semakin membesar beriringan dengan perkembangan janin menjelang persalinan. Bukan hanya dari dari bentuk yang berubah, ibu hamil juga mengalami rasa nyeri di bagian bawah terutama saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Hal ini terjadi karena besarnya tekanan dari janin yang ikut membesar juga.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 5 =

%d bloggers like this: