Masalah yang Sering dihadapi Menjelang Persalinan

Loading...

Hamil merupakan suatu anugerah terindah yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada kaum wanita. Banyak pasangan suami istri yang terus berupaya untuk mendapatkan momongan dengan menjalani program kehamilan hingga terapi lainnya. Bahkan tak sedikit pula ada yang sanggup menjalani program bayi tabung hanya demi mendapatkan si buah hati tercinta.

Masalah yang Sering dihadapi Menjelang Persalinan

Alangkah bahagianya jikalau wanita sedang mengandung janin di dalam rahimnya. Akhir dari proses kehamilan, ibu pun harus menghadapi proses persalinan. Masa-masa ini ialah masa yang paling menegangkan bagi kaum hawa. Banyak hal yang perlu di siapkan di mulai perlengkapan bayi, kebutuhan ibu saat melahirkan dan sebagainya. Tapi sebelum itu berbagai masalah pun datang menyerang wanita hamil menjelang persalinannya, seperti:

1. Kram
Kram di kaki ialah masalah yang sering dilaporkan oleh ibu hamil selama mengandung paruh kedua. Biasanya gejala kram ini di rasakan pada malam hari. Penyebab pasti dari kram selama kehamilan belum diketahui, namun Anda dapat mencegahnya dengan peregangan betis, tetap aktif sepanjang hari, cukupi asupan cairan, konsumsi suplemen magnesium, dan pilih alas kaki yang nyaman.

2. Varises
Varises merupakan pembuluh darah yang membengkak. Pembuluh kaki ialah bagian yang paling umum berpengaruh, tetapi juga sering terjadi varises di vulva meskipun akan berangsur baik setelah melahirkan. Jika Anda memiliki varises menjelang persalinan, cobalah untuk tidak berdiri terlalu lama, hindari duduk menyilangkan kaki, dan lakukan olahraga kaki seperti berjalan kaki dan berenang untuk membantu sirkulasi darah supaya lancar.

3. Ngompol
Ngompol atau inkontinensia adalah masalah yang paling umum di alami oleh ibu hamil menjelang persalinan. Mereka yang sedang mengandung tidak mampu mencegah lonjakan urine yang mendadak keluar meskipun saat melakukan aktivitas sederhana, seperti batuk, tertawa, bersin atau bahkan bergerak tiba-tiba. Hal ini bersifat sementara sebab otot-otot dasar pinggul melonggar sedikit untuk mempersiapkan proses melahirkan.

4. Gangguan Pernapasan
Saat memasuki awal-awal usia kehamilan 9 bulan, ibu hamil sering mengeluhkan gangguan pernapasan. Hal ini merupakan hal yang wajar karena bayi yang di kandung tentunya semakin besar dan semakin berkembang. Akibatnya akan menekan organ pernapasan ibu hamil khususnya di bagian diafragma sehingga mengakibatkan sesak napas.

5. Kepanasan
Wanita yang sedang hamil sering merasa gerah dan kepanasan, apalagi saat menjelang proses persalinan. Hal ini di sebabkan oleh gejolak perubahan hormon dalam tubuh sehingga suplay darah ke dalam kulit semakin meningkat. Sehingga ibu hamil akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak dari biasanya.

6. Sering Terasa Kontraksi Palsu
Usia kehamilan yang mencapai 9 bulan ialah usia ibu hamil untuk segera menghadapi proses melahirkan. Proses ini memang sangat ditunggu-tunggu bagi sang ibu untuk melihat buah hatinya. Tetapi saat menjelang persalinan nanti, ibu akan sering dikejutkan dengan berbagai kontraksi-kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Kondisi ini semakin intens datang saat ibu hamil mengalami kondisi kelelahan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 15 =

%d bloggers like this: