Melahirkan Tanpa Sakit dengan Metode Hypnobirthing

Loading...

Proses persalinan memang menjadi saat-saat yang mendebarkan bagi calon ibu. Mulai dari kontraksi, pecahnya ketuban, sampai detik-detik keluarnya si kecil dari rahim. Terbesit pula di pikiran tentang rasa sakit yang menyiksa menjelang persalinan. Apalagi para orang tua terdahulu sering menakut-nakuti jika sakitnya melahirkan itu tidak ada yang bisa menandinginya di dunia ini. Namun kini, ibu tidak perlu khawatir karena rasa sakit ketika melahirkan dapat dikurangi atau bahkan di atasi dengan metode hypnobirthing.

Melahirkan Tanpa Sakit dengan Metode Hypnobirthing

Hypnobirthing merupakan metode yang menggunakan self-hypnosis atau hipnotis diri sendiri dan teknik relaksasi untuk membantu calon ibu merasa siap sehingga mengurangi ketakutan, kecemasan atau rasa tegang hingga sakit yang luar biasa ketika melahirkan. Menurut penelitian kesehatan, penggunaan hipnotis selama persalinan diklaim dapat membantu calon ibu untuk mengatasi ketakutan mereka. Ketakutan ini menyebabkan psikologis dan otot-otot menjadi tegang sehingga proses kontraksi dan melahirkan pun menjadi terganggu hingga akhirnya menimbulkan rasa sakit.

Seringkali timbul pertanyaan kenapa sakit saat melahirkan? Apabila Anda khawatir atau takut menjelang persalinan, maka tubuh Anda pun akan dibanjiri adrenalin (hormon stres). Adrenalin dapat mengurangi aliran darah ke rahim dan sistem pencernaan sehingga darah mengalir lebih mudah ke arah otot-otot besar di tungkai. Hal tersebut berakibat pada otot-otot rahim bekerja kurang baik sebab kekurangan oksigen dan darah, sehingga membuat proses melahirkan menjadi lebih susah dan lama. Pasokan oksigen untuk bayi juga bisa berkurang.

Hormon stres akan menghentikan tubuh untuk memproduksi hormon oksitosin yang berguna sebagai pendukung dalam memudahkan persalinan dan juga mengurangi produksi hormon alami endorfin. Hormon ini membantu Anda kebal terhadap sakit dan membuat tubuh lebih rileks. Cara kerja hypnobirthing lebih kepada kekuatan sugesti. Calon ibu bisa menggunakan musik, video, pemikiran serta kata-kata penyemangat guna memandu pikiran, membuat tubuh lebih santai atau mengendalikan nafas ketika persalinan sedang berlangsung.

Contohnya, sang ibu memutarkan musik suara alam, video berkembangnya sebuah bunga, atau juga memikirkan kalimat penyataan seperti “saya bisa, saya kuat!”, “saya tidak takut melahirkan normal”, atau “saya relaks, bayi saya juga relaks”. Hipnotis seperti ini dapat dilakukan sendiri atau bisa juga meminta bantuan dari ahli hipnoterapis, tergantung pada keinginan dan kebutuhan calon ibu.

Sebelum melakukan metode hypnobirthing ini, sangat di anjurkan untuk calon ibu dan ayah untuk mengikuti kelas kursus hypnobirthing ketika kandungan berumur 25 hingga 29 minggu. Pada kursus tersebut akan di ajarkan berbagai posisi tubuh yang baik saat melahirkan, mendalami relaksasi, serta hipnotis diri sendiri dan teknik bernafas. Adapun berbagai manfaat yang diperoleh dari hypnobirthing adalah:
· Mengurangi stres dan ketakutan saat melahirkan
· Memberikan relaksasi, kenyamanan, dan bantuan selama persalinan
· Melancarkan pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh
· Masa persalinan menjadi lebih pendek
· Mengurangi bahkan menghilangkan sakit saat persalinan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − four =

%d bloggers like this: