Metode Senam Hamil Untuk Memperlancar Persalinan

Loading...

Kehamilan memang sering membuat tubuh cepat lelah sehingga membuat Anda ingin terus berbaring santai saja di tempat tidur atau sofa. Namun tidak bergerak aktif di masa hamil justru bisa membuat tubuh menjadi tidak bugar dan akan mempersulit proses persalinan nantinya. Dengan begitu, olahraga pun diperlukan dan harus dilakukan secara teratur untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk menghadapi kelahiran si buah hati.

Metode Senam Hamil Untuk Memperlancar Persalinan

Salah satu olahraga yang aman dilakukan oleh sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Senam ini meliputi latihan-latihan untuk meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas dan menjaga sistem kardiovaskular. Selain itu, ibu yang sedang mengandung dapat memperoleh banyak manfaat jika melakukan senam hamil tersebut.

Menjelang proses persalinan tentunya menjadi hal yang sangat mendebarkan oleh para ibu hamil. Tetapi bila mereka sering melakukan senam hamil, pastinya mereka akan lebih tenang karena terbantu oleh otot-otot yang sudah lentur dan otot-otot di sekitaran paha dan panggul menjadi lebih kuat. Berikut ini adalah beberapa gerakan senam yang dapat Anda lakukan ketika hamil:

1. Duduk Bersila
Gerakan senam hamil yang paling mudah adalah duduk bersila. Anda bisa melakukannya dengan duduk di atas matras ataupun lantai. Posisikan tubuh Anda untuk duduk bersila dan letakkan kedua tangan di atas paha. Lakukanlah gerakan tersebut setenang mungkin sambil mengatur nafas secara rutin agar Anda juga bisa melakukannya ketika proses persalinan tiba.

2. Berjongkok
Selain posisi duduk, senam hamil juga dapat dilakukan dengan posisi jongkok. Mulailah dengan posisi tubuh tegak dan lurus yang kemudian jongkoklah secara perlahan, namun Anda harus tetap mempertahankan posisi punggung yang lurus. Tahan posisi ini selama beberapa menit sehingga Anda juga sekaligus merenggangkan otot paha dan panggul.

3. Merangkak
Posisi ini dilakukan dengan cara bagian siku tangan Anda diluruskan, kemudian arahkan pada pandangan ke depan dengan posisi kepala dan punggung terangkat. Lalu Anda tarik nafas secara perlahan dan lengkungkan posisi punggung ke arah dalam, setelah itu tarik kembali nafas pelan-pelan seraya meluruskan kembali posisi punggung ke arah posisi semula.

4. Push-up Dinding
Gerakan tersebut berguna untuk memperkuat otot-otot dada dan otot trisep pada bagain belakang lengan atas Anda. Adapun tahapan gerakannya adalah berdiri menghadap dinding dengan kedua tangan lurus bersandar pada dinding itu. Bukalah kaki sejajar bahu lalu tekuk siku perlahan-lahan dan dekatkan dada hingga dagu mendekat ke dinding. Perlakuan ini sama persis dengan push-up di lantai, yang bedanya Anda push up menghadap ke dinding.

5. Pose kupu-kupu
Gerakan senam hamil ini yakni dengan duduk dilantai dan punggung lurus ke dinding. Telapak kaki saling bersentuhan dan posisikan lutut Anda untuk menyentuh lantai. Kemudian lakukan gerakan pose kupu-kupu tersebut berulang-ulang kali dalam satu sesi senam hamil.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 10 =

%d bloggers like this: