Efek Terlalu Banyak Tidur Saat Hamil Bagi Bayi

Loading...

Aktivitas tidur memang menyehatkan tubuh tetapi bila dilakukan terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan, termasuk untuk wanita yang sedang mengandung. Memang benar kalau ibu hamil selalu disarankan untuk istirahat yang cukup dan juga tidur yang berkualitas. Karena dari istirahat, organ tubuh dapat memproduksi hormon lebih cepat sehingga sangat bermanfaat untuk janin yang ada dalam kandungan. Namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur saat hamil dapat membahayakan kesehatan ibu dan juga janin. Sayangnya, masih banyak sekali ibu hamil yang tidak mengetahuinya.

Efek Terlalu Banyak Tidur Saat Hamil Bagi Bayi

Menurut Anthony Sciscione dari the Delaware Centre for Maternal and Fetal Medicine di Amerika Serikat, kurangnya gerak tubuh dapat menyebabkan otot kaku dan tulang ibu hamil menjadi keropos. Ditambah lagi jika terlalu sering berbaring maka bisa meningkatkan resiko terjadinya pembekuan darah di kaki yang kemungkinan dapat berpindah ke paru-paru yang nanti akan berakibat fatal untuk kesehatan tubuh seorang ibu hamil. Selain itu, terlalu banyak tidur saat hamil dapat meningkatkan resiko untuk terkena penyakit diabetes gestasional karena naiknya kadar gula darah.

Oleh sebab itu, saat Anda sedang mengandung, baik itu sedang hamil muda ataupun hamil tua sangat tidak di anjurkan untuk terlalu banyak tidur siang, bahkan jangan sampai tidur di pagi hari. Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan juga untuk proses perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Beberapa bahaya lainnya yang dapat berpotensi muncul jika ibu hamil terlalu banyak tidur antara lain tubuh menjadi lesu, gangguan metabolisme, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, resiko anemia, cairan ketuban banyak, fungsi otak tidak seimbang dan gangguan pencernaan.

Pola tidur sangat diperlukan untuk membentuk tidur yang berkualitas. Tidur berkualitas tentunya tidur dengan jam yang cukup. Biasanya setiap orang bisa tidur 7-8 jam per hari, sedangkan bila kurang dari 7 jam, maka orang tersebut tidak menerapkan pola tidur yang berkualitas. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pola tidur yang berkualitas adalah dengan rajin berolahraga, menjadwalkan waktu tidur, hindari makanan berat, hindari bermain komputer atau handphone terlalu lama dan sebaiknya sebelum Anda tidur harus memadamkan lampu.

Istirahat maupun tidur memang sangat di anjurkan oleh dokter ketika wanita sedang mengandung. Akan tetapi, jangan sampai kehamilan ini menjadi alasan ibu hamil untuk bermalas-malasan. Anda harus tetap melakukan aktivitas fisik seperti yoga, berenang atau sekedar membereskan rumah. Hal-hal tersebut pastinya sangat bermanfaat untuk janin dan juga ibu. Karena, apabila ibu hamil terlalu malas untuk menggerakkan badan, kemungkinan besar akan mendapat masalah kesehatan atau kesulitan saat melahirkan nanti. Tidurlah sesuai dengan aturan yang diberikan oleh dokter atau bidan dan jangan pernah tidur terlalu banyak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =

%d bloggers like this: