Bahayakah Ibu Hamil Makan Gurita?

Loading...

Kebanyakan wanita yang sedang hamil seringkali merasa bingung tentang asupan makanan yang dikonsumsinya. Sebab, ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang dapat membahayakan bagi janin di dalam perut. Tidak jarang juga, ibu hamil mengalami suilit makan karena disebabkan oleh morning sickness yang sangat mengganggu. Apalagi bila ditambah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sembarangan, bisa dampak bagi kehamilan dan bisa menyebabkan komplikasi saat kehamilan.

Bahayakah Ibu Hamil Makan Gurita

Banyak yang mengklaim bahwa hewan laut tidak boleh dikonsumsi untuk wanita yang sedang mengandung. Untuk itu sering timbul pertanyaan, apakah ibu hamil tidak boleh sedikitpun mengonsumsi hewan laut? Jawabannya tentu saja boleh. Apalagi hewan laut memiliki nutrisi yang sangat penting bagi pembentukan tubuh dan otak janin. Namun, boleh apa tidaknya tergantung dari cara memasak hewan laut itu sendiri.

Hewan laut seperti ikan salmon, udang, tuna, atau cumi-cumi justru sangat di anjurkan karena mengandung protein tinggi dan asam omega 3 yang baik untuk kesehatan janin. Tetapi yang perlu di ingat adalah cara memasaknya harus matang dan jangan sampai mengonsumsi mentah-mentah atau setengah matang. Hewan laut yang dimasak setengah matang dikhawatirkan masih terdapat kandungan merkuri di dalamnya yang dapat membahayakan kesehatan janin. Selain itu, konsumsinya pun harus dibatasi, tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi hewan laut lebih dari 6 ons setiap minggunya.

Lantas bagaimana dengan gurita? Hewan laut berkaki delapan itu juga sama halnya dengan hewan laut lainnya. Jadi, para ibu hamil boleh mengonsumsinya asal dibatasi. Bahkan gurita memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan daging ayam, sehingga membantu tumbuh kembang sang janin. Selain itu, hewan ini juga dapat mencegah flu, stress hingga membantu menambah massa otot. Gurita di anggap hampir mirip dengan cumi-cumi, tapi tekstur dan rasanya sangat berbeda. Walaupun begitu, kandungan gizi dalam hewat laut ini juga banyak, di antaranya sebagai berikut:

1. Sumber Vitamin dan Mineral
Gurita adalah hewan laut sumber kalsium, kalium, fosfor dan selenium. Ada pula beberapa vitamin penting di dalamnya seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks dan asam lemak omega-3. Omega-3 menjadi nutrisi penting yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, depresi dan membantu perkembangan otak anak.

2. Rendah Kalori dan Lemak
Gurita juga merupakan seafood yang rendah kalori dan rendah lemak sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai menu diet sehat. Selain terhindar dari penyakit jantung dan diabetes, gurita juga mengandung zat besi tinggi yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

3. Mengandung Zat Taurin yang Baik untuk jantung
Di dalam daging gurita, terdapat kandungan zat taurin yaitu asam organik yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi dari stres. Taurin juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

%d bloggers like this: