Cemilan Sehat Untuk Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Loading...

Di masa kehamilan maupun menyusui, pastinya nafsu makan sang ibu semakin bertambah karena sekaligus memberikan asupan makanan bagi buah hati. Ibu tidak hanya harus menerapkan pola makan yang teratur, tetapi juga harus bijak dalam memilih setiap makanan yang ingin dikonsumsi . Salah satunya ialah memperbanyak makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi tinggi. Bukan makanan utama saja, tapi juga dengan cemilan sehari-hari pun, ibu tetap perlu bijak memperhatikan nilai gizi yang terkandung di dalamnya karena ibu hamil memiliki berbagai pantangan. Jangan sampai hanya karena ingin memuaskan nafsu ngemil, ibu jadi tidak peduli terhadap hal-hal yang tidak baik bagi kesehatan dikemudian hari.

Cemilan Sehat Untuk Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Lantas bagaimana caranya memilih cemilan yang sehat bagi ibu hamil dan menyusui? Anda harus memilih makanan yang bukan asal mengenyangkan saja namun juga memperhatikan kandungan di dalamnya. Di zaman serba modern ini banyak sekali berbagai cemilan dengan kemasan praktis dan rasa yang lezat. Tetapi rasa lezat tidak bisa menjamin apakah makanan itu sehat atau tidak. Karena tidak sedikit cemilan yang mengandung banyak gula, garam dan tinggi lemak sehingga tidak sehat untuk dikonsumsi.

Selain itu, ada juga cemilan yang mengandung kalori lebih tapi rendah nilai nutrisinya. Jika hal ini terus berlanjut, makan asupan gizi ibu dan buah hati jadi tidak tercukupi. Hal ini dapat mengakibatkan makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan menurunkan nutrisi buruk bagi bayi di dalam perut, sehingga menganggu proses pertumbuhan dan perkembangannya. Bukan hanya untuk ibu hamil saja, melainkan juga untuk ibu yang sedang menyusui. Asupan makanan yang dikonsumsi harus selalu diperhatikan sebab ibu menyusui mesti banyak memerlukan energi sekaligus dapat mempengaruhi produksi komposisi pada ASI.

Berbagai macam aneka pilihan cemilan sehat yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun ibu menyusui di antaranya seperti:
· Mengonsumsi aneka biji-bijian utuh yang kaya akan kandungan serat
· Mengonsumsi buah dan sayur dengan banyak kandungan mineral dan vitamin
· Mengonsumsi berbagai macam kacang-kacangan yang mengandung protein dan zat besi
· Mengonsumsi susu rendah lemak dan produk susu olahan lainnya seperti yoghurt atau keju
· Mengonsumsi roti gandum karena memiiki kandungan karbohidrat sebagai sumber tenaga
· Mengonsumsi daging rendah lemak

Selain itu, ibu hamil dan ibu menyusui juga harus membatasi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, garam dan gula sebab jenis makanan seperti ini mempunyai kalori tinggi namun rendah akan kandungan nutrisi. Tetapi tidak sedikit pula para ibu yang ‘nakal’ dan tetap mengonsumsi makanan tersebut demi memuaskan hasrat mengemilnya. Bila sudah begitu, lebih baik para ibu mencoba untuk menggantinya dengan cookies dari beberapa merk produk kehamilan yang bebas gula dan bebas gluten karena terbuat dari tepung singkong atau tepung beras putih.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + three =

%d bloggers like this: