Manfaat Udang Untuk Ibu Hamil

Loading...

Indonesia dikenal sebagai Negara Maritim sebab mempunyai perairan yang sangat luas. Oleh karena itu, hasil makanan berasal dari air laut atau air sungai pun melimpah ruah, terutama udang. Hewan air dengan bentuk yang lucu itu termasuk makanan favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang unik dan berkarakter menjadikan udang sebagai hidangan utama di berbagai restoran terkenal. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti menyukai udang, tak terkecuali untuk ibu hamil.

Manfaat Udang Untuk Ibu Hamil

Namun apakah ibu hamil boleh mengonsumsi udang? Tentu saja boleh jika dimasak dengan matang. Apalagi salah satu makanan seafood itu mengandung banyak kandungan nutrisi, contohnya kaya akan protein. Dalam 100 gram udang mentah mengandung 20,3 gram protein atau cukup untuk memenuhi protein harian sebesar 41 %. Selain itu, kandungan gizi lainnya di dalam udang yakni vitamin C, D, zat besi, seng, selenium, yodium, omega-3, omega-6, DHA, EPA, dan tembaga yang sangat baik untuk tubuh ibu hamil dan perkembangan janin.

Beberapa manfaat udang untuk ibu hamil yang akan kami jabarkan sebagai berikut:

1. Mencegah terjadinya anemia pada ibu
Seorang wanita yang sedang hamil cenderung memiliki daya tahan tubuh lemah sehingga mudah lelah dari wanita normal pada umumnya. Kenapa bisa seperti itu? Karena ibu hamil sering tidak sadar melakukan aktivitas atau bergerak secara berlebihan. Untuk itu, dengan mengonsumsi udang dapat menjadi langkah awal dalam pembentukan darah, sebab udang mengandung zat besi yang baik untuk ibu hami.

2. Membantu perkembangan otak bayi
Udang mengandung EPA, DHA, serta kolin yang membantu otak untuk membentuk jembatan sinaps-sinaps yang berfungsi sebagai pengingat momen atau proses memori di dalam otak. Dengan sering memakan udang, secara tidak langsung ibu hamil sedang membantu perkembangan otak bayi di dalam rahimnya.

3. Mencegah terkena gondok
Penyakit yang menyerang kalenjar gondok sering disebut dengan gondokan. Biasanya ditandai dengan pembengkakan jaringan gondok di sekitaran leher dan disertai dengan rasa sakit dan suhu badan tinggi. Seorang ibu hamil juga berpotensi untuk terserang penyakit gondokan tersebut jika kekurangan zat yodium. Dengan memakan udang yang mengandung banyak zat yodium, ibu hamil jadi terhindar dari gondokan.

4. Meningkatkan sistem imun
Sistem imun atau ketebalan tubuh ibu hamil beserta bayi akan terjaga dengan baik bila diberi asupan vitamin C dan Omega-3 yang cukup. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil kerap mengonsumsi udang sehingga membantu sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari resiko penyakit yang berasal dari virus dan bakteri.

5. Membantu pembentukan tulang
Janin yang masih berada di dalam rahim sangat membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu pembentukan tulangnya. Janin memerlukan kalsium dan vitamin D sehingga sang ibu pun harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D seperti udang. Selain itu, udang juga bisa merawat jantung bagi ibu hamil, mencerdaskan janin, mengontrol kolesterol, dan menyeimbangkan hormon tubuh.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =

%d bloggers like this: