Manfaat Cumi Untuk Wanita Hamil

Loading...

Pada masa kehamilan, seorang wanita memang sangat rentan untuk terkena masalah kesehatan. Hal tersebut dipengaruhi oleh hormon dalam diri seorang wanita hamil. Akan tetapi, pada dasarnya hal ini adalah wajar dan hampir kebanyakan wanita merasakan hal serupa. Kesehatan seorang wanita hamil sering di akibatkan oleh makanan yang dikonsumsinya.

Manfaat Cumi Untuk Wanita Hamil

Sering kali terdengar mitos bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi makanan laut seperti cumi-cumi. Mitos tersebut mengatakan jika wanita yang sedang hamil memakan cumi-cumi nanti anaknya akan lahir dengan jari yang banyak. Hal tersebut dikarenakan cumi mempunyai bagian tubuh tentakel yang jumlahnya lebih dari satu. Namun mitos tersebut tidak benar adanya karena cumi-cumi mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk wanita hamil.

Keadaan bayi yang lahir dengan jari yang banyak (jumlahnya lebih dari lima) termasuk ke istilah medis polidaktili. Polidaktili adalah kondisi yang disebabkan oleh faktor genetik atau faktor keturunan bukan karena makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, makanan laut dan seafood sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, di antaranya cumi-cumi yang memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Kerangka/Tulang Bayi
Manfaat pertama yang didapatkan dari cumi-cumi adalah dapat membantu mengoptimalkan perkembangan pada bagian kerangka bayi di dalam kandungan. Hal tersebut dikarenakan atas kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan cumi-cumi mempunyai kandungan protein sebesar 17,9 gr tiap 100gr pada cumi segar. Cumi juga tidak memiliki tulang belakang sehingga sangat mudah dicerna. Selain itu terdapat asam amino essential dan mineral penting lainnya yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang kerangka bayi.

2. Mengandung Banyak Vitamin
Di dalam cumi, terdapat berbagai macam jenis vitamin yang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk kesehatan bayi dan juga dirinya sendiri. Anda harus mengetahui pentingnya vitamin & suplemen pada saat hamil, vitamin tersebut di antaranya adalah vitamin B1, B2, B12, vitamin A, D, E, K dan asam folat.

3. Membentuk Sel Darah Merah
Saat hamil, wanita harus memiliki kadar tekanan darah yang normal juga pasokan sel darah merah yang cukup. Dengan mengonsumsi cumi, ibu hamil dapat terbantu dalam hal pembentukan sel darah merah di dalam tubuhnya. Bukan hanya banyak kandungan vitamin, omega 3 dan protein, cumi juga memiliki kandungan tembaga yang cukup tinggi untuk membantu produksi sel darah merah. Sehingga ibu hamil terhindar dari penyakit anemia atau tekanan darah rendah.

4. Mengoptimalkan Sel Darah Putih
Cumi dikenal sebagai hewan laut yang mengeluarkan tinta saat dirinya merasa terancam atau sedang melawan musuh. Jika Anda sering memasak cumi, pasti tahu tinta cumi sering keluar dengan sendirinya dan ternyata tinta ini berguna sebagai pengaktif sel darah putih. Sel darah putih sendiri sangat berguna bagi tubuh untuk melawan berbagai penyakit atau sebagai pelindung dari virus, kuman, bakteri dan kuman.

5. Menambah Nafsu Makan
Wanita hamil tentunya tidak boleh sampai kekurangan nutrisi dan gizi yang didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan sampai kekurangan nafsu makan bahkan seharusnya ibu hamil mempunyai nafsu makan dua kali lipat dari biasanya. Bagi Anda yang sedang mengalami kurangnya nafsu makan, sangat di anjurkan untuk mengonsumsi cumi karena adanya kandungan riboflavin dan zat niasin yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar, serta membuat bagian usus dan lambung menjadi lebih nyaman.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 7 =

%d bloggers like this: