Bolehkah Makan Sushi Saat Hamil?

Loading...

Sushi adalah makanan tradisional Jepang yang telah terkenal di seluruh pelosok dunia, termasuk Indonesia. Makanan ini telah berhasil mencuri hati masyarakat Tanah Air tidak terkecuali wanita yang sedang hamil. Namun pertanyaannya, bolehkah ibu hamil memakan olahan ikan mentah tersebut? Beberapa ahli mengatakan tidak ada salahnya wanita yang sedang mengandung untuk memakan sushi asal ikannya diproses dengan matang. Apalagi makanan laut memiliki nutrisi baik yang sangat bermanfaat untuk ibu dan bayi.

Bolehkah Makan Sushi Saat Hamil

Sayangnya, tidak sedikit pula para dokter spesialis kandungan melarang keras ibu hamil untuk memakan makanan original Jepang tersebut. Seperti yang diketahui, makanan mentah atau setengah matang menjadi musuh terbesar bagi ibu hamil karena termasuk makanan yang mempengaruhi perkembangan janin selama hamil berkaitan dengan bakteri yang dapat membahayakan bagi sang janin. Beberapa ahli pun menambahkan pendapatnya bahwa sushi tidak baik bagi wanita yang sedang mengandung sebab beresiko timbulnya infeksi mematikan. Berikut ini ancaman kesehatan saat ibu hamil ketika ingin memakan sushi:

1. Sushi dengan ikan olahan mentah atau setengah matang bisa saja mengandung parasit kecil seperti cacing pita dan bakteri listeria yang dapat menginfeksi tubuh ketika ibu hamil mengonsumsinya. Hal ini tentu saja berbahaya, bila yang masuk ke tubuh adalah cacing pita, makan semua nutrisi akan hilang dari tubuh sehingga mempengaruhi perkembangan janin di dalam rahim.

2. Ibu hamil jadi rentan terhadap berbagai penyakit. Kehamilan menekan sistem kekebalan tubuh sehingga para wanita yang sedang hamil memiliki daya tahan tubuh yang lemah daripada orang biasa. Bila ibu memakan sushi dengan ikan mentah, hal ini akan memicu berbagai komplikasi seperti keguguran, kelahiran prematur, dan lain-lain.

3. Parasit dalam ikan mentah dapat mempengaruhi daerah gastrointestinal atau hati. Hal itu membuat adanya infeksi hati dan menyebabkan ibu hamil kekurangan gizi, anemia bahkan keguguran.

4. Bila ibu hamil mengonsumsi sushi lengkap dengan semua seafood lainnya seperti mackerel, todak atau hiu, maka kandungan merkuri di dalam tubuh akan meningkat pesat sehingga dapat meracuni kehamilan Anda.

5. Bakteri listeria sering dijumpai di olahan makanan mentah dapat membuat ibu hamil terkena listeriosis.

Alangkah baiknya saat sedang hamil, para ibu berhenti dulu untuk memakan sushi karena dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan janin. Jika memang tidak bisa menghentikan hobby memakan hidangan dari Jepang ini, sebaiknya jangan terlalu sering dan usahakan untuk memilih jenis sushi yang sudah matang agar dampak negatif dapat terhindari.

Walaupun di zaman yang serba canggih ini, pengolahan makanan dapat diproses dengan cara yang higienis namun tetap saja tidak bisa menjamin 100% makanan laut akan aman dan steril. Oleh karena itu, sebelum membeli sushi di suatu tempat, ibu hamil harus melihat terlebih dahulu situasi dan reputasinya. Perlu diperhatikan juga apakah ikan dan bahan-bahan lain yang di olah untuk sushi telah memenuhi standar dan sterilisasi yang baik atau tidak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 2 =

%d bloggers like this: