Perlengkapan yang Harus Disiapkan Sebelum Persalinan

Loading...

Sebagai calon ibu, pastinya merasa kebingungan mengenai apa yang harus dipersiapkan demi menyambut sang buah hati. Mempersiapkan kelahiran merupakan hal wajib yang dilakukan bagi pasangan suami istri supaya ibu merasa tenang setelah persalinan nanti. Persiapan ini mencakup segi fisik dan psikis untuk ibu dan calon bayinya apalagi jika Persiapan Melahirkan Anak Pertama.

Perlengkapan yang Harus Disiapkan Sebelum Persalinan

Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu secara lengkap perlengkapan apa saja yang harus Anda persiapkan menjelang persalinan. Jika Anda seorang yang mudah lupa, sebaiknya Anda catat baik-baik dibuku catatan kecil agar saat melahirkan nanti semua perlengkapan sudah siap dibawa dan tidak ada yang terlupakan. Berikut ini adalah 10 perlengkapan yang harus disiapkan sebelum persalinan:

1. Kain bedong
Kain bedong termasuk hal penting yang harus disiapkan sebelum persalinan. Sesuai tradisi yang diturunkan oleh nenek moyang, bayi yang baru lahir akan dibedong supaya bayi tidak kedinginan. Jumlah kebutuhan bedong setidaknya harus dipersiapkan 1 lusin karena bayi cenderung sering pup atau buang air kecil.

2. Pakaian yang nyaman
Sang ibu yang ingin melahirkan jangan lupa untuk membawa pakaian ekstra seperti piyama atau baju tidur. Pakailah bahan yang mudah menyerap keringat sehingga Anda lebih nyaman beraktifitas. Sebaiknya memilih baju yang memiliki kancing depan sehingga memudahkan Anda untuk memberikan ASI pada bayi.

3. Bantal dan Bra untuk menyusui
Pelengkapan ini juga jangan Anda lupakan. Bra khusus buat ibu menyusui akan membantu Anda ketika sedang tidak menyusui. Bantal yang nyaman ketika memberikan ASI juga mempermudah Anda saat menyusui.

4. Alas kaki/sandal
Bawalah sandal atau alas kaki yang memiliki permukaan yang tidak licin dan tidak memiliki hak tinggi.

5. Perlengkapan kesehatan
Ibu harus mempersiapkan perlengkapan kesehatan seperti minyak kayu putih, termometer, plester anti demam, baby oil, cutton bud, kain kassa, meinyak telon dan peralatan tambahan sesuai kebutuhan.

6. Perlengkapan bedak
Tak dipungkiri, bedak juga merupakan peralatan yang penting bagi bayi supaya tetap wangi. Biasanya dalam 1 set terdiri atas kotak bedak, spoon bedak, pilihlah spoon bedak 2 buah untuk pantat dan sekitarnya, satunya lagi untuk muka. Ada lagi perlengkapan bedak yang lebih lengkap seperti baby oil, cutton bud, baby cologne, parfum bayi dll.

7. Perlengkapan mandi
Perlengkapan mandi yang harus dibawa bila Anda melahirkan di Bidan atau rumah sakit antara lain bak spesial untuk mandi bayi, sabun mandi dengan tempat sabunnya, shampoo, dan handuk lembut.

8. Selimut
Selimut bayi merupakan perlengkapan terpenting yang harus Anda bawa mengingat bayi belum terbiasa dengan suasana baru. Pilhlah bahan yang nyaman untuk kulit bayi.

9. Sarung tangan & kaki serta topi bayi
Perlengkapan tambahan seperti sarung tangan, sarung kaki, topi bayi akan menjaga anak Anda supaya tetap hangat dan terhindar dari kedinginan. Bawalah sekitar 2 sampai 3 pasang.

10. Keranjang/plastik pakaian kotor
Pakaian bayi yang terkena pipis atau pakaian ibu yang kotor sehabis melahirkan harus dipisahkan dengan pakaian bersih sehingga tidak tercampur. Sebaiknya pakaian kotor bayi dan pakaian kotor ibu jangan digabung.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − one =

%d bloggers like this: