Jenis Ayunan Bayi dan Manfaatnya

Loading...

Baby bouncer atau ayunan bayi merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengurangi beban seorang ibu pada saat mengasuh anak. Hal tersebut disebabkan bukan tanpa alasan karena ayunan memang bisa dimanfaatkan untuk menimang-nimang bayi layaknya gendongan sang ibu sendiri.

Jenis Ayunan Bayi dan Manfaatnya

Jika dulu ayunan bayi dibuat secara tradisional seperti kain yang sematkan dengan per lalu digantung pada langit-langit rumah, sekarang banyak sekali varian jenis ayunan sesuai dengan budget yang Anda miliki, kebutuhan atau kepraktisannya. Berikut ini terdapat beberapa jenis ayunan bayi yang harus Mimi tahu seperti:

1. Jenis ayunan bayi menggunakan per
Ayunan ini secara manual di operasikan menggunakan tangan dengan cara menggantungkannya di langit-langit rumah atau kayu palang. Namun ada juga yang menjual satu paket dengan tempat tidur bayi dan ada juga yang dijual terpisah. Begitu pula dengan pilihan per-nya, ada yang menggunakan dua per dan ada juga yang menggunakan tiga per, sesuai bobot sang bayi sendiri. Satu hal yang harus diperhatikan sebagai orang tua yaitu saat menempatkan ayunan per harus ditempat yang kuat/kokoh agar bayi tidak jatuh.

2. Jenis ayunan bayi elektrik
Jenis ayunan bayi elektrik ini sedikit lebih mahal karena sudah ada mekanisme elektrik yang membuat ayunan tersebut bergerak sendiri. Walaupun sedikit mahal, jenis model ini bisa dijadikan alternatif bagi para ibu yang tak perlu repot menggoyangkan ayunan. Namun jangan lupa untuk mengatur kecepatan ayunan elektrik tersebut sehingga bayi Anda nyaman dan tidur pun jadi lebih nyenyak.

3. Jenis ayunan bayi dengan frame
Ayunan dengan frame ialah model ayunan modern yang sudah banyak ditemukan di kota-kota besar. Biasanya ayunan tersebut dibuat dari susunan frame yang kuat. Desainnya sama seperti ayunan yang digantung serta memiliki beberapa pilihan yaitu manual dan elektrik. Masalah harga, ayunan bayi jenis frame ini jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan ayunan manual menggunakan per.

4. Jenis ayunan bayi untuk travelling
Model ayunan ini sangat cocok untuk para orang tua yang hobby travelling. Ayunan tersebut didesain sangat kompak dan mudah dilipat sehingga mudah di bawa kemana-mana seperti berlibur atau menginap di rumah keluarga besar.

Selain jenis-jenis ayunan, kami juga akan menjelaskan tentang manfaat ayunan untuk bayi baik yang dilakukan secara manual atau menggunakan alat bantu. Beberapa manfaat yang didapat karena sering menimang bayi di ayunan di antaranya adalah:

1. Relaksasi
Ayunan yang digerakkan secara perlahan dengan irama konstan, akan memberikan efek nyaman nan menenangkan sehingga bayi dapat relaksasi dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Tak dipungkiri, ayunan bayi sangat penting menjadi salah satu cara yang efektif untuk menidurkan sang bayi atau menenangkannya saat rewel.

2. Timbulnya ikatan kuat antara ibu dan anak
Ikatan bayi dan orang tua akan terasa lebih erat karena saat mengayunkannya, pasti ibu dan ayah akan membelai bayi dengan penuh kasih sayang. Hal itu memicu timbulnya rangsangan stimulasi yang dipengaruhi oleh jaringan syaraf pada permukaan bayi sang bayi.

3. Mengusir rasa Gerah
Saat bayi rewel dan menangis akibat cuaca panas karena merasa kegerahan, makan bayi akan mengeluarkan keringat yang berlebihan. Dengan mengayunkan bayi secara perlahan di atas ayunan, bayi akan merasa nyaman karena rasa gerah berangsur-angsur menghilang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 7 =

%d bloggers like this: