Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

Loading...

Setiap orang pasti tahu dengan istilah obesitas. Obesitas merupakan keadaan dimana seseorang memiliki berat badan melebihi batas kewajaran dengan penyesuaian antara tinggi dan berat badan. Serangan obesitas juga tidak mengenal umur sehingga bukan hanya orang dewasa saja yang bisa terkena kegemukan melainkan anak-anak pun bisa. Anak dengan kegemukan tak wajar menjadi keprihatinan sendiri karena sulit bergerak belum lagi akan mudah terserang penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

Beberapa penyebab obesitas seringkali karena terlalu sedikit berolahraga dan konsumsi makanan tak sehat seperti fast food atau junk food. Pada dasarnya, obesitas terjadi karena seseorang makan lebih banyak kalori daripada kalori yang dibakar oleh tubuh, sehingga kalori tersebut menumpuk jadi lemak. Selain itu banyak juga faktor-faktor yang mempengaruhi anak untuk mengalami obesitas yang parah. Maka dari itu, sebagai orang tua Anda harus pintar mengenali gejala hingga faktor obesitas pada anak sebelum hal yang tidak di inginkan terjadi.

Jika Anda sudah memiliki anak yang mengalami obesitas, sebaiknya jangan memaksakan si anak untuk melakukan diet ketat. Hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan dan kesehatan anak jadi terganggu. Oleh karena itu, sebelum anak Anda kegemukan alangkah baiknya untuk mencegah obesitas terjadi. Lantas bagaimana caranya mencegah obesitas pada anak?

Berikut akan kami berikan tips-tipsnya secara lengkap dan jelas:

1. Biasakan untuk memilah makanan sehat untuk si anak seperti susu rendah lemak, daging, sayur dan buah. Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji seperti mie instan, junk food, snack, makanan manis yang mengandung lemak tinggi.

2. Biasakan untuk sarapan pagi seperti sebelum berangkat ke sekolah. Anda juga bisa membawakan si anak bekal sehingga dapat mengontrol asupan gizi anak Anda dan tidak membiarkan anak jajan sembarangan.

3. Usahakan anak selalu aktif bergerak dan batasi kegiatan terlalu lama seperti bermain handphone atau bermain PS. Banyak aktifitas fisik yang dilakukan anak akan membantu pembakaran lemak dan mengubahnya menjadi energi dalam tubuh.

4. Jangan menuruti kemauan anak untuk makan banyak sebelum tidur. Sebaiknya Anda berikan susu atau buah untuk mereka sebagai penahan lapar namun tidak mempengaruhi kenaikan berat badan.

5. Biasakan aturan untuk minum cukup karena anak-anak terkadang malas melakukan kebiasaan minum air putih. Maka sebagai orang tua, contohkanlah perilaku ini pada diri Anda sendiri dan menjelaskan secara perlahan akan fungsi banyak minum air. Anak-anak yang mendengar banyak manfaatnya pun lama-lama akan menuruti orang tuanya.

6. Batasi ngemil berlebihan karena zaman sekarang ini banyak sekali snack yang memakai pemanis buatan atau pengawet makanan sehingga tak sehat di tubuh sang anak.

7. Surulah anak untuk tidur lebih awal. Sebuah penelitian mengungkapkan anak yang tidur lebih awal memiliki berat bedan lebih ringan dibandingkan mereka yang tidur larut malam.

8. Ajaklah anak Anda untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bulu tangkis.

Nah itulah beberapa tips dari kami untuk mencegah obesitas pada anak. Semoga bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − nine =

%d bloggers like this: