Tips Melangsingkan Badan Setelah Masa Kehamilan

Loading...

Khusus untuk para ibu yang baru saja melahirkan sang buah hati, pasti sering kali mengeluh perihal berat badan yang naik drastis. Menjadi gemuk memang momok tersendiri bagi wanita yang baru saja melahirkan, sehingga tak sedikit pula ada yang merasa minder dan bertekad untuk menurunkan berat badan mereka.

Tips Melangsingkan Badan Setelah Masa Kehamilan

Pada masa kehamilan maupun pasca melahirkan sudah pasti akan mengubah bentuk tubuh Anda secara drastis. Hal itu sangatlah wajar karena usus dan sistem yang ada pada tubuh seorang wanita telah dipenuhi oleh racun yang menumpuk. Racun itu akan membuat metabolisme tubuh menjadi menurun sehingga makanan yang dimakan akan menjadi lemak. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena dengan melakukan penyesuaian terhadap pola makan dan olahraga, tubuh Anda akan kembali ke bentuk semula.

Lantas apa saja tips-tips yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan? Berikut akan kami ulas informasi selengkapnya.

1. Makanlah dengan seimbang
Selepas persalinan, apa yang Anda makan otomatis akan sangat berpengaruh terhadap berat badan. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari makanan yang berlemak, pedas serta tinggi kalori. Tingkatkan asupan sayuran serta buah-buahan pada menu makan Anda termasuk mengkombinasikan dengan makanan yang banyak mengandung vitamin, protein dan mineral.

2. Menyusui mampu mengurangi kalori ekstra
Seperti kita ketahui, menyusui bukan hanya penting bagi kebutuhan nutrisi pada si bayi namun ternyata juga bisa mengurangi kalori bagi sang ibu. Proses menyusui akan membantu dalam pembakaran kalori hingga 400-500 kalori per harinya dan membantu penurunan berat badan secara cepat.

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda
Seorang ibu pasti akan merasa haus setelah menyusui sang bayi. Oleh sebab itu, ibu harus banyak minum air untuk menjaga cairan tubuh Anda tetap tercukupi. Asupan air yang cukup juga akan menjaga kulit Ana tetap muda serta bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, meminum air putih juga dapat membantu meluruhkan penimbunan lemak.

4. Olahraga rutin setelah melahirkan
Salah satu cara yang paling efektif guna menurunkan berat badan ialah olahraga. Jangan terlalu memaksakan jika Anda tak bisa berolahraga berat, mulailah dengan berlari ringan atau jogging. Atau Anda juga bisa mengikuti kelas latihan kardiovaskular untuk membantu pembakaran lemak pada tubuh dengan cepat. Namun apabila Anda menjalani persalinan lewat operasi caesar, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Tidur yang Nyenyak
Sejatinya tidur memang membawa manfaat baik buat kesehatan termasuk untuk menurunkan berat badan. Walaupun selepas melahirkan, biasanya bayi dapat terbangun dari tidur sepanjang malam sehingga menyulitkan sang ibu untuk tidur secara berkualitas. Tetapi Anda dapat menggantinya dengan istirahat yang cukup pada siang hari untuk mengembalikan waktu tidur Anda yang berkurang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =

%d bloggers like this: