Manfaat Senam Hamil Untuk Melancarkan Persalinan

Loading...

Meski sedang mengandung si buah hati, wanita hamil sebaiknya tidak boleh bermalas-malasan untuk berolahraga apalagi mendekati bulannya persalinan. Seorang ibu hamil harus aktif dalam melatih kesehatan tubuh demi janin yang dikandungnya. Salah satunya ialah dengan senam hamil yang juga berguna untuk memperlancar persalinan nanti. Ya, senam hamil merupakan istilah yang cukup populer di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan kata senam hamil pun selalu terdengar dari berita, televisi, radio media cetak atau kerabat dekat dan Anda pun bisa melakukan gerakan senam hamil sendiri dirumah tanpa harus pergi keluar rumah.

Manfaat Senam Hamil Untuk Melancarkan Persalinan

Senam hamil akan membuat para ibu tidak panik saat sesi melahirkan. Maka dari itu, sangat di anjurkan untuk melakukan senam hamil karena banyak sekali manfaatnya, antara lain sebagai berikut.

1. Memperkuat Kelenturan Otot Dinding Perut
Selama kehamilan, biasanya ibu merasa nyeri pada bagian perut dan bokong. Hal itu wajar di alami oleh wanita hamil karena perubahan struktur tulang dan hormon. Jadi jika Anda sering melakukan senam hamil, otot akan menjadi lebih elastis dan semakin menguat disekitaran dinding perut. Rasa nyeri yang terdapat pada perut dan boking pun menjadi berkurang.

2. Melatih Teknik Pernapasan
Senam hamil sangat berguna untuk melatih proses pernapasan sang ibu hamil, karena akan melatih ibu untuk mendapatkan oksigen yang optimal dan jika masa persalinan tiba, Ibu hamil tidak akan kesulitan untuk mengatur pernapasan sebab telah terbiasa saat senam.

3. Melatih Relaksasi
Saat wanita hamil menjalani proses mengandung, sebuah relaksasi pada tubuh sangat dibutuhkan selain untuk mencegah timbulnya stres dan baik juga untuk pertumbuhan janin. Sehingga Anda bisa mengurangi rasa tegang saat melahirkan nanti.

4. Melancarkan Proses Melahirkan
Ini adalah manfaat senam hamil yang paling terpenting karena para ahli mengatakan jika Ibu yang sedang mengandung melakukan senam hamil secara teratur maka kesulitan saat melahirkan pun berkurang.

Meski manfaat senam hamil sangat banyak, tetap ada saja aturannya karena sebagian ibu hamil yang tidak boleh melakukannya. Adapun syarat-syaratnya ialah sebagai berikut:
– Seorang ibu yang sudah mengandung selama 22 minggu
– Sudah mendapatkan persetujuan dari bidan atau dokter kandungan, supaya sang ibu tahu jika ia tidak punya gangguan kesehatan
– Hentikan senam jika terjadi keluhan seperti nyeri, kontraksi ringan atau pendarahan
– Ibu hamil yang memiliki penyakit paru-paru, hipetensi, preeklamsia tidak di anjurkan melakukan program senam hamil demi kebaikan janin. Bila memang ingin senam, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 10 =

%d bloggers like this: