Berbagai Pantangan Untuk Ibu Hamil

Loading...

Pada kesempatan kali ini, kami ingin mengulas beberapa pantangan bagi ibu hamil yang harus di hindari jika ingin kelahiran sang buah hati sehat dan normal. Hal ini benar-benar penting untuk diperhatikan oleh semua wanita, tertutama pada ibu yang sedang hamil muda.

Berbagai Pantangan Untuk Ibu Hamil

Perkembangan janin di dalam kandungan sangatlah rentan terhadap pengaruh yang ditimbulkan entah itu dari turunan atau life style sang ibu. Bahkan banyak sekali tradisi yang berkembang di masyarakat luas untuk selalu menjaga janin selama 9 bulan lamanya. Memang pada masa kehamilan, Ibu dituntut untuk memenuhi asupan nutrisi sebagai kelanngsungan hidup janin dan menjauhi pantangan yang ada guna kesehatan janin itu sendiri.

Lantas apa saja kah pantangan untuk ibu hamil tersebut. Mari kita simak penjelasannya.

1. Dilarang keras sang ibu untuk mengonsumsi alkohol
Alkohol ialah minuman yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya untuk ibu hamil namun dari semua kalangan, baik itu pria, wanita, yang berusia dari kecil sampai besar, alkohol tetap mengancam kesehatan kita. Alkohol dapat menyebabkan kerusakan otak, menciutnya volume otak, IQ menjadi rendah, cacat dan resiko buruk lainnya.

2. Ibu Hamil dilarang untuk Merokok
Ibu yang sedang hamil namun tetap menyukai aktivitas menyulut rokok dapat menyebabkan resiko bayi lahir prematur, keguguran, hambatan pertumbuhan janin dan gangguan plasenta. Walaupun tidak merokok, bumil harus tetap menjauhi paparan asap rokok alias hindari menjadi perokok pasif.

3. Dilarang keras untuk memakan makanan yang masih mentah atau setengah matang
Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi makanan yang masih mentah atau setengah matang. Hal ini dikarenakan makanan tersebut masih banyak bakteri atau virus yang belum mati. Jika ibu sering mengonsumsi sushi atau telur setengah matang, mulai sekarang jangan makan dulu ya jika sedang hamil.

4. Ibu Hamil tak perlu diet
Pada saat hamil, beberapa wanita kadang tidak percaya diri dengan bentuk badannya yang mulai membesar. Karena itu pula tak jarang ibu hamil sering melakukan diet agar tidak terlalu gendut. Namun apakah ibu berpikir bila kegiatan itu mengganggu perkembangan dan kesehatan janin? Larangan diet saat hamil sangat penting untuk diperhatikan. Jika janin kekurangan nutrisi, sang buah hati juga akan mengalami gangguan kesehatan.

5. Memakai baju ketat
Bagi wanita hamil yang ingin tampil modis, banyak pilihan baju hamil yang mempunyai size besar agar tidak menganggu aktivitas janin di dalam perut. Pilihlah baju yang tidak memiliki karet di bagian perutnya.

6. Mengonsumsi Obat tanpa ada petunjuk khusus dari Dokter
Para ibu hamil di sarankan tidak mengkonsumsi obat-obatan tanpa adanya petunjuk khusus dari dokter. Pasalnya jika ibu hamil minum obat secara tak langsung kandungan kimia dari obat tersebut mengalir melalui plasenta dan sirkulasi janin dalam kandungan. Maka dari itu, jika ibu ingin minum obat tertentu, ada baiknya konfirmasi ke dokter kandungan atau bidan terdekat supaya lebih aman.

Selain pantangan di atas, ada beberapa pantangan lainnya antara lain:
– Ibu hamil dilarang untuk melakukan aktivitas atau olahraga berat
– Ibu hamil tidak boleh terpapar radiasi terlalu lama
– Ibu hamil sebaiknya tidak terlalu stres
– Jangan memakai kosmetik berlebihan karena zaman sekarang banyak kosmetik yang mengandung merkuri
– Ibu hamil juga tidak boleh memakan makanan yang mengandung zat-zat kimia seperti MSG atau formalin
– Pantangan lainnya, ibu hamil jangan terlalu banyak makan nanas
– Sebaiknya hindari memakai sepatu High-heels

Demikianlah berbagai pantangan untuk ibu hamil yang telah kami jabarkan di atas. Sebaiknya setelah mengetahui pantangan-pantangan tersebut, sang ibu hindari semaksimal mungkin agar kesehatan janin tak terganggu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 10 =

%d bloggers like this: