Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Loading...

Bagi para Mimi yang sedang hamil muda dan sering merasakan mual akibat makanan atau bau tertentu ialah hal yang sangat wajar. Namun terkadang mual tersebut sangat menganggu aktivitas sehari-hari sang ibu, bahkan sering muntah karena saking mualnya. Lalu bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda atau trimester pertama?

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Mual saat hamil dapat menyerang siapapun wanita dan kebanyakan orang pasti mengalami hal itu. Hadirnya rasa mual sering tidak diketahui apa penyebabnya. Tapi ada kemungkinan yang menyebabkannya ialah:
– Asam lambung
– Tingginya kadar HCG
– Hormon Progesteron meningkat
– Stres
– Lebih sensifif terhadap bau dan rasa
– Makanan yang di konsumsi

Banyaknya faktor penyebab mual saat hamil muda membuat sang ibu merasa tidak nyaman dan sebagian orang tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu, kami hadir memberikan sejumlah tips untuk mengatasi mual saat hamil muda tersebut. Berikut di antaranya ialah:

1. Hindari Makanan yang menimbulkan Gas
Pada dasarnya, wanita hamil memang dilarang mengonsumsi makanan yang menimbulkan gas. Pasalnya makanan tersebut dapat membuat perut terasa kembung atau penuh. Akibatnya gas memenuhi perut dan terjadilah mual. Beberapa makan penimbul gas adalah kol, nangka, durian, makanan hasil fermentasi seperti tape ketan, tape singkong dan sawi hijau.

2. Makan dalam jumlah sedikit tapi sering
Hal di atas sangat efektif daripada makan banyak tapi jarang. Alasan porsi sedikit lebih bermanfaat bagi ibu hamil ialah mengurangi rasa mual karena makan terlalu banyak. Jika ibu hamil masih terasa lapar, makanlah buah-buah yang segar atau jus.

3. Jauhi Makanan penambah rasa mual
Para ibu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang membuat rasa mualnya datang dan semakin menjadi. Jauhi makanan yang berlemak tinggi, makanan berminyak dan makanan pedas.

4. Minum air putih yang mencukupi
Bila Anda sering muntah karena mual, pastinya frekuensi kekurangan cairan lebih banyak. Oleh sebab itu, ibu yang sedang hamil muda harus mengonsumsi air putih yang banyak untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

5. Perbanyak makan buah kaya Vit C
Ibu hamil dapat menghilangkan mual dengan cara makan buah-buahan yang mengandung vit C. Konsumsilah secara teratur namun jangan buah yang terlalu asam karena dapat menyebabkan asam lambung.

6. Nikmati suasana pagi dan sore yang sejuk
Terkadang alasan mual saat hamil muda ialah stres. Maka dari itu sangat disarankan untuk berjalan-jalan di pagi hari demi menikmati udara segar dan di sore hari untuk menikmati sunrise. Hal ini terbukti efektif mampu meringankan gejala mual saat hamil muda.

7. Lakukan hal-hal yang menyenangkan
Salah satu tips untuk mengatasi mual saat hamil muda ialah membiarkan sang ibu melakukan hal-hal yang menyenangkan baginya. Hasilnya sang ibu merasa rileks dan tenang sehingga mual tidak akan mudah datang. Hal-hal menyenangkan tersebut contohnya yoga, meditasi dan relaksasi. Bisa juga dengan membaca buku dan mendengarkan musik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − eight =

%d bloggers like this: