Tips Dalam Memperbanyak Jumlah Asi

Loading...

Menyusui sang buah hati merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para ibu. Apalagi jika bayi tersebut menyusu dengan kuat dan sehat membuat ibu merasakan bangga yang luar biasa. Namun tak sedikit pula ibu mengeluh tentang sedikitnya jumlah ASI yang dihasilkan padahal bayinya masih merasa lapar. Lantas apa yang harus dilakukan oleh para ibu untuk memperbanyak jumlah ASI mereka?

Tips Dalam Memperbanyak Jumlah Asi

Penyebab terbesar yang di alami ibu menyusui saat asupan ASI berkurang ialah masalah hormon. Selain itu, ada pula yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti kanker payudara atau bahkan tumor otak. Pastinya sang ibu khawatir akan bahaya yang datang akibat jumlah ASI yang tidak sesuai dengan harapan. Berikut beberapa tips dari kami supaya ibu bisa memperbanyak ASI.

1. Ibu harus rajin membersihkan puting payudara
Puting payudara merupakan lubang atau saluran keluarnya cairan ASI (Air Susu Ibu) dari dalam payudara untuk diminum oleh bayi. Oleh sebab itu, sangatlah penting pembersihan puting yang terus menerus tuk menjaga kesehatan sang bayi dan bebas dari bakteri.

2. Ibu harus rajin menyusui sang bayi
Rajin menyusui bukan hanya memberikan nutrisi yang cukup untuk buah hati Anda namun juga dapat memperbanyak jumlah ASI. Ibu harus menyusui bayi setiap dua jam atau tiga jam sekali berguna untuk merespon cepat dan menginstrusikan otak untuk segera memproduksi ASI. Simak manfaat asi bagi balita disini.

3. Memijat payudara
Saat bayi malas menghisap susu, ibu juga dapat membantu memijat payudara untuk meneruskan aliran ASI. Bila ibu mengalami mastitis (peradangan payudara), ibu bisa memijat payudara dengan perlahan dan kompres dengan air hangat dan air dingin secara bergantian.

4. Berikan ASI secara bergantian
Tindakan ini bertujuan untuk sang bayi supaya tidak bosan dengan bagian kanan atau kiri saja. Dilihat dari fungsi utama saluran ialah untuk mengalirkan dan membawa ASI dari asalnya bukan untuk menyimpan. Jadi, ASI yang sudah diproduksi sebaiknya langsung di hisap oleh sang bayi. Isapan tersebut akan mengosongkan maksimal 70% ASI untuk kemudian diproduksi kembali secara alamiah.

5. Memompa ASI
Para ibu dapat memompa cairan ASI setelah selesai menyusui apabila masih terasa penuh. Anda dapat memompa dua payudara sekaligus menggunakan alat pompa ASI yang telah banyak dijual dipasaran.

6. Banyak mengonsumsi air putih
Tidak bisa di elak lagi banyaknya manfaat air putih bagi kesehatan. Hal ini juga mempengaruhi asupan cairan sang ibu untuk memproduksi ASI lebih cepat. Selain itu banyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan dan jangan pernah merokok agar bayi tetap sehat. Lalu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein seperti kopi, teh dan soda.

7. Ciptakan kontak fisik dengan bayi
Saat ibu menyusui, cobalah untuk membelainya dan mengajaknya berkomunikasi. Walaupun bayi tersebut belum bisa mengerti, akan tetapi hal itu memicu hormon oksitosin yang akan berperang dalam produksi ASI Anda.

8. Hindari pemakaian pil KB
Bila ibu ingin menghindari kehamilan sebelum saatnya siap, sebaiknya ibu menggunakan spiral. Mungkin beberapa ibu masih takut dengan spiral, maka dari itu carilah informasi selengkapnya pada dokter kandungan yang sudah ahli. Beberapa pil KB yang dijual pasaran, mempengaruhi asupan ASI sang Ibu, oleh karena itu sebisa mungkin jangan minum pil dulu selama masa menyusui.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + fourteen =

%d bloggers like this: