Tips Mengatasi Lactose Intolerant Saat Hamil

Loading...

Susu adalah minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Susu memiliki sumber kalsium bagi janin. Namun bagaimana jika ternyata ibu hamil menderita laktosa intoleran, yakni suatu kondisi di mana wanita hamil memiliki masalah dengan produksi enzim laktase.

tips-mengatasi-lactose-intolerantkesulitan-produksi-enzim-laktase-saat-hamil

Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana tubuh tidak bisa mencerna laktosa karena pengalaman tubuh memiliki gangguan dalam produksi laktase. Laktosa umum ditemukan dalam susu atau keju. Bahkan beberapa kandungannya yang tinggi akan menyebabkan orang-orang dengan intoleransi laktosa terganggu.

Pada wanita hamil yang menderita intoleransi laktosa akan mengalami masalah ketika mengkonsumsi produk susu. Beberapa pada orang dengan intoleransi laktosa cenderung akan menjadi mual, kembung, kram perut dan diare. Gejala ini sering timbul kurnag lebih dari 30 menit sampai 2 jam setelah makan atau minum produk susu.

Berikut ini merupakan tips mengatasi lactose intoolerant kesulitan produksi enzim laktase saat hamil :

Mengganti dengan susu kedelai
Susu kedelai diproses kedelai di mana proses manufaktur dan kemudian dicampur dengan air. Meskipun tidak terbuat dari susu sapi akan tetapi kandungan nutrisinya tidak kalah dengan susu sapi. Susu kedelai memiliki jumlah yang lebih tinggi dari protein seperti vitamin A, vitamin D, B12 dan riboflavin yang baik untuk susu hamil. Bahkan kedelai sangat dianjurkan untuk wanita hamil yang memili melebihi berat badan ideal untuk kadar lemak yang rendah dibandingkan dengan susu sapi.

Pilihlah Susu Tanpa Laktosa
Untuk terus mengkonsumsi susu, Anda dapat memilih susu bebas laktosa yang banyak dijual di Supermarket. Susu bebas laktosa dilengkapi dengan tambahan kalsium untuk membantu mendapatkan kalsium dari susu tanpa Anda harus mengalami gangguan perut.

Laktase enzim
Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda tentang enzim laktase. Kurangnya produksi enzim laktes adalah apa yang akan menyebabkan ibu hamil menderita intolerant. Dokter laktosa akan memeriksa kebutuhan tubuh Anda, sehingga Anda dapat mengkonsumsi enzim laktase dalam bentuk kapsul atau tablet di apotek.

Susu Berperan Penting
Susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan. Bahkan dengan susu dapat mendukung kesehatan ibu selama kehamilan. Ada juga banyak penelitian yang membuktikan peran penting dari susu untuk ibu hamil. Tidak hanya wanita hamil, wanita juga sangat penting untuk mengkonsumsi susu.

Selain karena perempuan lebih rentan terhadap osteoporosis, susu juga berperan memiiliki dalam menjaga kesehatan terutama untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Susu tinggi kalsium akan membantu dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin. Kekurangan kalsium akan menyebabkan pertumbuhan dan kesehatan terhanggu kembangan janin. Sehingga lebih dianjurkan untuk minum 3 gelas susu setiap hari.

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =

%d bloggers like this: