Mengatasi Mual Saat Manyusui

Loading...

Jika Anda baru saja melahirkan tentunya Anda akan merasa bahagia dapat merawat dan menjaga pertumbuhan serta perkembangan bayi Anda. Bergabung dengan forum yang membantu kesehatan Anda untuk berbagai mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda, sehingga mengurangi kecemasan dan kekhawatiran dalam mengikuti proses pertumbuhan bayi Anda.

mual-saat-menyusui

Banyak hal yang bisa membuat Anda cemas ketika mengikuti pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Baik yang berhubungan dengan kondisi medis bayi Anda. Hal ini wajar namun Anda tidak perlu terlarut dalam kecemasan yang membuat Anda stres, karena faktor psikologis ibu yang baik diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.

Proses psikologis ibu berhubungan dengan menyusui. Ibu sering merasa kurang percaya diri dalam menyusui karena beberapa kondisi yang dialami oleh ibu menyusui. Beberapa kondisi yang membuat ibu kurang percaya diri contohnya saja payudara bengkak, kelainan puting, ASI yang sulit keluar, mastitis, susu kurang, bayi menolak ASI atau kondisi ringan yang dialami ibu menyusui seperti mual saat menyusui.

Berikut ini merupakan cara mengatasi mual saat menyusui :

Konsumsi makanan yang mengandung protein
Makanan yang mengandung protein dapat mengurangi rasa mual yang dialami selama menyusui. Pilihan menu makanan dengan protein, hal ini tentunya baik untuk ibu menyusui termasuk daging, ikan, tempe dan tahu.

Konsumsi makanan karbohidrat sebelum menyusui
Mulailah dengan sarapan yang merupakan proses wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Dengan sarapan maka saat menyusui dapat mengurangi rasa mual yang sering terjadi selama menyusui atau setelah menyusui. Anda dapat memilih nasi, pasta, roti gandum atau umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat dalam menu sarapaan Anda.

Pilih makanan ringan yang sehat saat menyusui
Anda dapat memasukkan camilan sehat seperti pada waktu tertentu. Dengan menikmati makanan ringan yang sehat akan membantu dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil saat menyusui berlangsung. Anda dapat memilih buah-buahan untuk makanan ringan Anda.

Hindari Dehidrasi
Konsumsi 8 gelas air sehari untuk mengurangi cairan di dalam tubuh, terutama bagi Anda yang sedang menyusui. Air yang cukup dapat mengurangi rasa mual pada ibu yang sedang menyusui.

Kondisi ringan yang dialami oleh ibu menyusui adalah mual saat menyusui. Rasa mual saat sedang menyusui adalah hal yang wajar hal ini dikarenakan hormon oksitosin yang ada di tubuh Anda akan menyebabkan mual. Hormon oksitosin berhubungan erat dengan pencernaan.

Ibu menyusui yang merasa mual biasanya terjadi pada minggu-minggu awal kehadiran bayi. Ibu menyusui mengalami mual, maksimal 8-9 minggu sejak bayi lahir. Selain mual yang timbul dapat muncul ketika bayi memasuki masa pertumbuhan, kondisi ini terjadi ketika kadar hormon oksitosin meningkat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − one =

%d bloggers like this: