Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Bayi

Loading...

Bayi adalah makhluk lemah yang memiliki organ yang belum sempurna terbentuk. Oleh karena itu, bayi membutuhkan perlindungan ekstra terhadap pengaruh lingkungan eksternal karena tubuh belum mampu beradaptasi dengan baik. Batuk berdahak adalah tanda kontaminasi dari lingkungan yang mengganggu tubuh bayi. Sebagai orang tua, harusnya Anda memperhatikan situasi ini.

cara-menghilangkan-batuk-berdahak-pada-bayi

Batuk merupakan gejala yang umum dialami oleh bayi, tetapi ada pada saat-saat tertentu hal ini adalah tanda dari penyakit lain yang mendasarinya. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan batuk yang di derita oleh bayi Anda.

Berikut ini merupakan cara menghilangkan batuk berdahak pada bayi :

Terapi uap
Terapi uap terbukti cukup efektif untuk menangani batuk berdahak yang disebabkan oleh gangguan pernafasan. Kelembaban dapat mengurangi lendir atau pada melebarnya saluran udara yang menyempit. Terapi ini cukup aman untuk anak-anak. Namun, untuk batuk berdahak yang tidak ditambah oleh gangguan pernafasan, terapi ini belum terbukti efektif.

Memperbanyak Minum
Jangan sembarangan memberikan obat-obatan atau suplemen untuk anak-anak, terutama bayi di bawah satu tahun. Berikan hanya minum yang banyak. Minuman dapat diberikan dalam bentuk susu atau air. Cairan yang masuk ke dalam tubuh akan mencairkan dahak dan ini akan mengurangi dahak pada bayi.

Segera pergi ke dokter
Jika Anda telah mencoba berbagai cara namun hasilnya masih nihil, segera pergi ke dokter. Percayakan bayi Anda di tangan seorang profesional yang tepat.

Berikut ini merupakan kriteria batuk yang harus Anda konsultasikan kepada dokter :

Batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh
Ketika bayi Anda menderita batuk berdahak yang tidak akan sembuh lebih dari seminggu, konsultasikan dengan dokter. Batuk berdahak tidak hilang bisa karena infeksi mikroorganisme (virus, bakteri, jamur) yang dapat menyebabkan penyempitan saluran napas. Kondisi ini akan sangat menyiksa bayi dan juga akan sangat mengganggu waktu tidur dan harus secepat mungkin di obati.

Batuk Berdahak disertai demam
Demam adalah salah satu tanda yang tidak bisa diremehkan. Demam menunjukkan peradangan dalam tubuh. Pada bayi, suhu tubuh mulai dari 37⁰C bisa dikategorikan demam. Pada bayi, sebisa mungkin untuk menghindari demam. Demam pada anak jika dibiarkan berlangsung lama akan menimbulkan bahaya pada bayi Anda. Demam pada anak-anak, terutama bayi, akan sangat mengganggu sistem saraf sehingga ketika dewasa sering seseorang akan mengalami epilepsi atau kemampuan berpikir yang kurang.

Batuk Berdahak dan Sesak
Batuk disertai sesak diduga asma gejala, bronchiolitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Hal ini memerlukan perhatian segera dari dokter.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − two =

%d bloggers like this: