Strategi Menyimpan Uang Untuk Pendidikan Anak

Loading...

Meskipun banyak negara telah menerapkan pendidikan gratis untuk rakyat, Indonesia termasuk negara dengan biaya pendidikan yang cukup mahal. Biaya pendidikan seringkali menjadi momok bagi orang tua karena mereka sering kali menguras semua tabungan yang ada.

tabungan-pendidikan

Tidak heran banyak keluarga yang telah mulai berpikir bagaimana untuk menanggulagi hal ini agar anak-anak mereka dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan ini dilakukan sebelum anak lahir atau masih balita. Dalam setiap kasus harus ada solusi untuk memastikan anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak sementara ekonomi keluarga tetap stabil.

Berikut ini merupakan strategi menyimpan uang untuk pendidikan anak:

Tabungan Konvensional
Cara menyetorkan dana ke bank tersebut termasuk populer di kalangan orang-orang, terutama mereka yang tidak ingin rumit. Banyak produk tabungan yang bisa dipilih dengan kelebihan yang cukup menggiurkan. Seperti bunga dan fasilitas asuransi kesehatan. Sehingga hal ini akan menginspirasi Anda untuk lebih aktif untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan uang yang Anda miliki.

Selain lebih mudah, hal ini lebih dianggap hemat dan memberikan kepastian, keamanan, dan dapat ditarik kapan saja pada saat diperlukan. Anda hanya mendisiplinkan diri untuk menyisihkan uang untuk tabungan.

Tabungan Pendidikan
Tabungan ini menyediakan fasilitas asuransi, jadi jika Anda tidak memiliki target dana pendidikan tetap akan tercapai. Selain fasilitas asuransi jiwa, tabungan ini juga memiliki fasilitas mengoda seperti bunga dan fasilitas asuransi kesehatan dengan biaya tambahan. Biasanya tabungan pendidikan sering berasal dari akun pribadi Anda di bank dan di buat dengan auto-debit yang menggunakan sistem. Anda cukup membuka tabungan pendidikan di bank yang memiliki fasilitas dan membawa kartu ID, buku tabungan Anda, ditambah akte kelahiran anak Anda.

Misalkan Anda berencana untuk menghemat 1 uta per bulan untuk tabungan pendidikan anak. Jadi setiap bulan bank secara otomatis akan memotong 1 juta dari akun pribadi Anda untuk menempatkan tabungan pendidikan anak sampai periode waktu yang telah ditentukan.

Asuransi Pendidikan
Banyak yang berpikir bahwa tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan yang sama. Pikiran itu tidak sepenuhnya salah, karena pada pandangan pertama meskipun sama ada beberapa perbedaan yang signifikan.

Perbedaan asuransi pendidikan dan pendidikan tabungan :
Asuransi pendidikan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, sedangkan tabungan pendidikan adalah yang digunakan oleh bank. Meskipun premi yang dibayarkan sudah selesai, asuransi pendidikan hanya dapat dicairkan jika jatuh tempo atau yang menjadi wali bersangkitan meninggal dunia, sedangkan pendidikan tabungan dapat dicairkan ketika Anda menyelesaikan kewajiban menyimpan atau tidak lagi mampu membayar hipotek.

Potongan untuk menarik dana asuransi pendidikan lebih besar dari tabungan pendidikan. Meskipun keuntungan atau asuransi pendidikan lebih besar timbal balik, proses ini lebih rumit daripada tabungan pendidikan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =

%d bloggers like this: